10 Tempat Wisata di Sumatera Barat yang Menawan

Berinformasi.com, Jakarta – Sumatera Barat bukan hanya terkenal akan masakan Padang yaitu rendang. Tapi juga tempat wisata yang menawan dan sarat budaya.

Sumatera Barat juga merupakan salah satu daerah yang memiliki tempat wisata yang beragam. Berikut tempat wisata di Sumatera Barat yang lagi hits:

Janjang Seribu

Janjang Seribu terdapat di Kota Bukit tinggi. Janjang Seribu adalah tembok besar China-nya Sumatera Barat. Janjang Seribu mempunyai panjang sekitar 1 KM. Pemandangan di sini juga sangat mengagumkan.

Jam Gadang

Jam Gadang meruapakan salah satu ikon wisata di Sumatera Barat. Jam ini telah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Jam Gadang mempunyai luas 13 x 4 meter serta tinggi 26 meter yang terdiri atas beberapa tingkat.

Uniknya, dari jam ini yaitu angkanya. Bila angka empat romawi umumnya ditulis dengan simbol IV, tapi jam gadang angka IV ditulis dengan IIII.

Goa Jepang

Tempat wisata di Sumatera Barat berikutnya goa Jepang. Lokasi Goa Jepang bersebelahan dengan Janjang Seribu. Lobang Jepang merupakan penjara sekaligus markas pertahanan penjajah Jepang yang didirikan pada tahun 1942-1945. Ketika Jepang menjajah bangsa Indonesia, pembangunan Lubang Jepang dilakukan lewat cara Romusa atau kerja paksa.

Pantai Padang

Pantai Padang menjadi tempat wisata di Sumatera Barat yang harus dikunjungi. Orang Padang menyebut Pantai Padang dengan sebutan TAPLAU (TAPI LAUIK). Pemandangan di sini sangat indah dan ombaknya sangat cocok untuk yang hobi berselancar.

Danau Maninjau

Danau Maninjau merupakan sebuah danau di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang.

Bila melihat keindahan Danau Maninjau ini di atas bukit atau di jalan kelok 44, ketika sore hari, kamu akan menyaksikan Danau Maninjau airnya seperti naik ke langit melalui celah cahaya yang tembus.

Lembah Anai

Air terjun Lembah Anai adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang sudah terkenal. Lokasinya di pinggir jalan lintas Padang-Padang Panjang (Bukit Tinggi) menjadikan objek wisata ini sangat mudah sekali untuk dijangkau. Air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter ini airnya jernih dan dingin.

Istana Pagaruyung

Salah satu peninggalan budaya masyarakat Minangkabau yaitu Istana Pagaruyung, atau Istano Basa. Lokasinya di kecamatan Tanjung Emas, kota Batusangkar, kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Istana ini adalah obyek wisata budaya yang populer di Sumatera Barat. Di dalam istana ada beberapa barang peninggalan kerajaan yang masih terpelihara dengan baik.

Pagaruyung merupakan kediaman Raja Minangkabau sebagai pusat pemerintahan. Saat ini rumah gadang yang ada di sana adalah tiruan dari Istana yang aslinya dengan lukisan di dinding luar serta atap yang menjulang berbentuk tanduk kerbau.

Lembah Harau

Lembah Harau disebut sebagai Green Canyon-nya Sumatera Barat. Lokasinya dekat dengan kota Payakumbuh dan lembah ini diapit oleh dua bukit cadas yang terjal dengan ketinggian kurang lebih 150 meter.

Dilansir dari detik.com, di sekitar Lembah Harau ada tebing granit yang terjal dan tingginya sekitar 80 – 300 meter. Pada lokasi wisata Lembah Harau terbagi jadi dua tempat yakni Sarasah Bunta yang terdapat 5 air terjun dan kolam penampung air terjun serta tempat wisata yang lain yaitu akar berayun dan kolam untuk berenang keluarga.

Wisata Mandeh

Wisata Mandeh berada di Kecamatan Koto XI Tarusan. Mandeh dikenal dengan pantai dan lautnya yang cantik. Di sini kamu juga bisa snorkeling dan diving.

Jembatan Siti Nurbaya

Tempat wisata di Sumatera Barat berikutnya yakni Jembatan Siti Nurbaya. Jembatan ini merupakan jembatan besar yang berdiri di atas Sungai Batang Arau. Panjang jembatan kurang lebih 100 meter. Jembatan ini juga menghubungkan kota tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya, tempat Siti Nurbaya dimakamkan.(pdn)

Hobi wisata alam dan air. Ini lokasi yang harus masuk dalam daftar traveling selanjutnya. Letaknya di Provinsi Jawa Barat. Berikut ulasannya.

INFOKAN PADA SAHABAT: