5 Hewan Amfibi Berukuran Besar Yang Masih Hidup

Berinformasi.com, Jakarta – Amfibi merupakan hewan yang dapat hidup di air maupun darat. Meskipun begitu hewan tersebut akan condong untuk hidup di salah satu tempat.

Namun hewan ini memiliki keunikan yang berbeda dibandingkan dengan ukuran yang umumnya kecil. Seperti halnya salamander dan katak yang biasa kita lihat. Terdapat juga beberapa amfibi dengan ukuran yang sangat besar dengan panjang hampir menyamai manusia dewasa.

Tentunya amfibi besar ini sangat unik dan merupakan hewan yang dilindungi karena sudah jarang ditemukan lagi di alam liar. Bagi kamu yang penasaran dengan berbagai amfibi terbesar di dunia, maka harus menyimak ulasan berikut ini.

Chinese Giant Salamander

Dilansir dari idnnews.com, Chinese Giant Salamander merupakan hewan amfibi endemik dari Tiongkok. Dinobatkan sebagai amfibi terbesar di dunia. Amfibi ini memiliki panjang mencapai 1,8 meter dan hidup di sungai berbatu dan danau di Tiongkok.

Namun hewan ini sekarang sudah jarang ditemui karena kerusakan lingkungan yang menyebabkan tergusurnya habitat aslinya. Selain itu binatang bernama latin Andrias davidianus ini umumnya memakan berbagai macam hewan kecil seperti ikan, serangga, katak hingga tikus.

Japanese Giant Salamander

Selanjutnya terdapat Japanese Giant Salamander yang memiliki bentuk tubuh hampir sama dengan Salamander Rakasas Cina. Dimensinya dapat mencapai panjang 1,5 meter dan berat 25 kg. Binatang endemik Negeri Sakura ini hidup pada berbagai sungai di Jepang. Habitat dari hewan ini terancam karena polusi dan pembangunan yang menggusur habitat aslinya.

Uniknya salamander betina ini akan naik ke permukaan darat, hingga ke gunung untuk bertelur. Sang pejantan akan menunggu dan membuahi telurnya. Sedangkan makanan dari amfibi bernama latin Andrias japonicus ini adalah ikan, katak dan serangga.

Goliath Frog

Goliath Frog adalah katak terbesar yang hidup di muka bumi saat ini. Ukuran panjangnya hingga 32 cm dan berat mencapai 3,25 kg. Amfibi yang bernama latin Conraua goliath ini hidup di wilayah Afrika sebelah barat, tepatnya di Kamerun dan Equatorial Guinea.

Hewan ini masuk dalam kategori terancam karena kerusakan lingkungan dan banyaknya perburuan. Sementara makanan dari hewan ini adalah serangga, tikus hingga katak kecil. Saat dewasa hewan ini karnivora dan insektivora. Pada tahap kecebong mereka adalah herbovira dengan mengonsumsi tanaman air.

Hellbender

Hellbender adalah salah satu jenis amfibi terbesar di dunia yang memiliki ukuran terbesar dengan panjang mencapai 70 cm. Menjadikan hewan ini amfibi terbesar ketiga setelah Salamander Raksasa Cina dan Salamander Raksasa Jepang. Amfibi bernama latin Cryptobranchus alleganiensis ini memiliki habitat asli di Amerika Utara, tepatnya di sebelah barat AS. Makanan utama dari binatang ini adalah lobster dan ikan kecil yang terdapat di sungai.

Chilean Giant Frog

Chilean Giant Frog atau juga disebut dengan helmeted water toad. Memiliki ukuran panjang jantan mencapai 12 cm dan betina hingga 32 cm, serta berat maksimum 0,5 kg. Bahkan kecebong dari katak ini dapat mencapai panjang hingga 15 cm.

Katak bernama latin Calyptocephalella Gayi ini memiliki habitat di Chile bagian tengah yang berbatasan dengan Argentina. Makanannya berupa ikan, mamalia kecil, burung kecil dan lainnya. Katak ini tergolong sebagai spesies yang terancam karena habitatnya semakin sempit, polusi dan banyaknya perburuan dari manusia.(pdn)

INFOKAN PADA SAHABAT: