5 Hewan Dengan Gigi Taring Paling Tajam

Berinformasi.com, Jakarta – Biasanya hewan yang mempunyai taring tajam adalah hewan karnivora. Ternyata hewan herbivora dan omnivora pun ada yang memilikinya.

Lima hewan berikut merupakan hewan dengan gigi taring paling tajam di dunia.

Unta

Unta lebih dikenal hewan yang tidak berbahaya. Namun siapa sangka, hewan ini menyimpan potensi bahaya di dalam mulutnya.

Gigi unta biasanya mencapai sekitar 7,5 cm ini tidak bisa dianggap remeh. Panjang gigi sepanjang itu bisa membahayakan manusia. Gigitannya cukup kuat untuk menghancurkan tulang manusia.

Rusa Air

Kebanyakan spesies rusa punya senjata berupa tanduk untuk bertarung dan mempertahankan diri. Tapi rusa yang satu ini tidak. Hydropotes inermis justru punya gigi taring yang panjang dan tajam sehingga terlihat seperti karnivora.

Rusa air adalah hewan yang penyendiri dan teritorial. Rusa jantan gak akan segan menyerang jantan lain yang datang memasuki wilayahnya dengan giginya tersebut. Namun ketika bertemu manusia, mereka lebih suka lari dan menghindar.

Babirusa

Babirusa adalah sebutan untuk hewan sejenis babi dari genus Babyrousa. Merupakan endemik Pulau Sulawesi, fitur paling mencolok dari penampilan mereka tentu adalah gigi taring panjang yang mencuat dari rahang bawah mereka serta “tanduk” yang tumbuh dari atas hidung mereka.              

Tapi tunggu, sebenarnya “tanduk” itu adalah gigi mereka juga lho! Taring babirusa jantan akan tumbuh menembus kulit rahang atasnya dan melengkung hingga mengarah ke kepalanya.

Berapa panjang taringnya itu? Bisa mencapai 30 cm! Taringnya itu akan terus bertumbuh seumur hidup, maka penting bagi babirusa untuk menggunakannya dalam pertarungan supaya taringnya patah. Jika tidak, maka taring itu akan terus bertumbuh hingga menembus kepalanya.

Babun

Babun adalah jenis monyet dalam genus Papio yang hidup di Afrika dan Arab. Dengan panjang mencapai 86 cm plus ekor 58 cm, mereka adalah spesies monyet terbesar di dunia. Selain ukurannya yang besar, gigi mereka yang tajam juga membuat hewan ini pasti ditakuti oleh siapa pun.

Deretan gigi tersebut gak hanya digunakan untuk saling bertarung sesama babun, tapi juga untuk makan. Ya, sebagai omnivora, Live Science melaporkan bahwa babun juga adalah pemakan hewan pengerat, burung, antelop, bahkan jenis monyet lain.

Kuda Nil

Satu hewan yang pasti gak ketinggalan dalam daftar ini tentu adalah kuda nil. Coba lihat gigi taringnya yang sangat besar itu. Laman Britannica menyebut bahwa panjangnya bisa mencapai lebih dari 30 cm!

Maka gak mengherankan bahwa meskipun termasuk herbivora, gak banyak hewan karnivora yang berani macam-macam dengan mereka. Manusia pun harus ekstra hati-hati pada hewan yang sangat teritorial ini, karena BBC melaporkan bahwa kuda nil membunuh sekitar 500 orang per tahun di Afrika!(pdn)

INFOKAN PADA SAHABAT: