9 Pura di Bali Terindah dan Populer Yang Jadi Wisata Budaya

Berinformasi.com, Bali – Ke Bali tak lengkap tanpa jelajahi keindahan pura-pura yang ada di pulau Dewata ini. Simak rekomendasi pura di Bali paling indah berikut.

Dilansir dari traveloka.com, Menjelajahi pura di Bali adalah salah satu aktivitas yang bisa membuat liburan di Pulau Dewata terasa lebih bermakna. Jika kamu yang selama ini selalu menghabiskan waktu di Bali dengan berburu kuliner, bersantai dibeach bar, atau menikmati wisata malam ala Bali, inilah saatnya untuk merasakan Bali yang lebih utuh dengan menjelajahi pura-pura di Bali yang sarat nilai spiritual.

Karena mayoritas masyarakat Bali merupakan pemeluk agama Hindu, tak heran ada banyak pura di Bali yang bisa dijumpai. Namun, diantara berbagai pura di Bali tersebut, berikut adalah wisata pura di Bali yang paling populer akan keindahan yang dimilikinya!

Pura Lempuyang Luhur

Dibangun pada abad ke-8, Pura Lempuyang Luhur berdiri di atas ketinggian 1.175 meter di atas permukaan laut. Wajar jika pura Bali ini merupakan salah satu yang tertinggi dan tertua di Pulau Dewata. Pura Bali ini dibangun sebagai persembahan kepada Dewa Sang Hyang Widi Wasa.

Tahukah kamu jika di dunia ini hanya ada 6 pura yang dibangun untuk Dewa Sang Hyang Widi Wasa, dan salah satunya adalah Pura Lempuyang.

Mengunjungi Pura Lempuyang bukan hanya bisa membuat kamu merasa lebih dekat dengan Sang Pencipta, tetapi juga bisa menyaksikan langsung keindahan alam yang telah diciptakan oleh-Nya. Di bagian puncak pura Bali satu ini, kamu bisa mendapati gapura tinggi yang seolah mengapit Gunung Agung, loh. Keindahannya telah menjadikan Pura Lempuyang terkenal di kalangantravelerinternasional.

Pura Agung Besakih

Terletak di Desa Besakih, Karangasem, Pura Agung Besakih layak menjadi destinasi wisata pura di Bali yang wajib kamu kunjungi. Dilengkapi 18 pura pendamping, Pura Agung Besakih merupakan pura terbesar di Bali lho. Jadi, kamu akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa benar-benar menjelajahi keseluruhan kawasan salah satu pura terindah di Bali ini.

Di dalam kompleks Pura Agung Besakih terdapat satu pura pusat yang berdiri megah, yaitu Pura Penataran Agung. Untuk bisa mencapainya, kamu harus menaiki deretan anak tangga yang cukup banyak. Tenang, semua usaha ini akan terbayarkan begitu kamu sampai di puncak kok! Satu lagi, jangan lupa untuk mengunjungi Pura Pengubengan yang berada di lereng Gunung Agung karena pemandangannya yang luar biasa.

Lokasi: Jl. Gunung Mas No.Ds, Besakih, Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali 80863

Pura Saraswati

Pura Saraswati ini terletak di Ubud dan dibangun sebagai penghormatan kepada Dewi Saraswati, dewi ilmu pengetahuan dan seni. Sesuai tujuan tersebut, Pura Saraswati didesain indah dengan adanya kolam air berisi ribuan bunga teratai. Dinding-dinding Pura Saraswati juga dihiasi oleh ukiran-ukiran dari para seniman Bali, loh. Jadi, destinasi wisata pura di Balisatu ini memang memiliki nilai seni yang sangat tinggi.

Lokasi: Jl. Kajeng, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Pura Uluwatu

Pura Uluwatu merupakan salah satu pura terpopuler di Bali. Pura ini dibangun di atas sebuah tebing setinggi 70 meter yang berbatasan langsung dengan lautan biru. Deburan ombak yang senantiasa menemani membuat kunjungan ke destinasi wisata pura di Bali ini terasa lebih unik. Waktu terbaik untuk menjelajahi keindahan dari pura Bali satu ini adalah  menjelang matahari terbenam, karena panorama sunset yang diberikan sangatlah memukau.

Selain itu, di kawasan Pura Uluwatu juga terdapatamphithatreyang sering digunakan untuk pertunjukan Sendratari Ramayana atau pun Tari Kecak. Pertunjukan budaya ini tentunya membuat waktu kunjunganmu ke Pura Uluwati semakin tak terlupakan.

Lokasi: Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Pura Ulun Danu Bratan

Destinasi wisata pura terindah di Bali selanjutnya terletak di kawasan dataran tinggi Bedugul, yakni Pura Ulun Danu Bratan. Pura Bali ini dibangun di tepi Danau Bratan yang jernih, sehingga atmosfer menenangkan bisa langsung kamu rasakan ketika memasuki kompleks pura ini.

Apalagi pura di Bali ini dikelilingi oleh barisan pegunungan hijau berselimut awan putih yang memesona. Melihat keindahannya, wajar sekali jika Pura Ulun Danu Bratan pernah menghiasi mata uang nasional. Masih ingat mata uang pecahan berapa yang memiliki gambar pura ini?

Untuk menciptakan pengalaman yang lebih seru, pemerintah setempat juga menyediakan perahu yang bisa kamu gunakan untuk mengelilingi Danau Bratan lho. Tertarik ingin mengunjungi destinasi wisata pura di Bali satu ini? Jangan lupa siapkan jaket karena suasana di kawasan Pura Ulun Danu Bratan ini cukup sejuk.

Lokasi: Danau Beratan, Candikuning, Baturiti, Tabanan Regency, Bali 82191

Pura Tanah Lot

Pergi ke Bali rasanya kurang lengkap jika tidak mengunjungi Pura Tanah Lot. Pura indah di Bali satu ini dibangun di atas sebuah batu karang yang berada di lepas pantai. Untuk bisa mengunjunginya, kamu harus meniti batuan karang yang akan menghilang ketika laut sedang pasang. Inilah yang menciptakan kesan berbeda dibanding pura-pura di Bali lainnya.

Selain itu, fakta bahwa Pura Tanah Lot didirkan di atas sebuah karang membuatnya terasa lebih luar biasa, mengingat pura di Bali ini dibangun pada abad ke-15.

Lokasi: Beraban, Kediri, Tabanan, Bali 82121

Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul terletak di Kabupaten Gianyar. Pura di Bali ini berumur cukup tua karena telah dibangun pada abad ke-10 dan kini telah diakui sebagai salah satu warisan budaya nasional.

Satu hal yang membuat tujuan wisata pura indah di Bali ini spesial adalah adanya mata air yang terus mengalir hingga ke kolam pemandian. Di sana, kamu bisa mengikuti ritual penyucian diri yang disebut sebagai melukat, loh.

Selain mengunjungi kolam pemandian, kamu juga bisa mengunjungi kawasan yang disebut sebagai jeroan untuk beristirahat. Kawasan jeroan ini juga sering digunakan untuk acara keagamaan oleh umat Hindu Bali.

Lokasi: Jl. Tirta, Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali 80552

Pura Taman Ayun

Telah berusia lebih dari 4 abad, pura yang dibangun pada 1634 ini terkenal akan keberadaan kolam teratai yang mengelilinginya. Selain bisa menikmati suasana Pura Taman Ayun yang tenang, tak jauh dari destinasi wisata pura di Bali ini kamu juga bisa mengunjungi Museum Manusia Yadnya. Berbagai informasi mengenai posesi upacara-upacara adat yang ada di Bali semua bisa kamu temukan di museum ini.

Lokasi: Jl. Ayodya No.10, Mengwi, Kec. Mengwi, Kabupaten Badung, Bali 80351

Pura Goa Lawah Klungkung

Sesuai dengan namanya, pura di Bali selanjutnya ini di bangun di sebuah goa yang dihuni oleh kelelawar. Tak perlu khawatir mengunjungi Pura Goa Lawah karena kelelawar yang tidak akan menyerang dan juga telah jinak.

Selain karena keunikannya ini, Pura Goa Lawah juga merupakan salah satu pura yang penting bagi masyarakat Bali sehingga jarang sepi dari pengunjung baik dari wisatawan ataupun masyarakat sekitar.

Lokasi: Jl. Raya Goa Lawah, Pesinggahan, Kec. Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali 80761

Itulah berbagai destinasi wisata pura di Bali yang menjanjikan pengalaman liburan yang lebih berbeda. Ternyata, ada banyak cara untuk menikmati Bali selain mengunjungi pantai-pantainya, bukan! (pdn)

INFOKAN PADA SAHABAT:

2 tanggapan untuk “9 Pura di Bali Terindah dan Populer Yang Jadi Wisata Budaya

Komentar ditutup.