5 Wisata Religi Yang Terdapat Di Banten

Berinformasi.com, Banten – Banten merupakan provinsi yang berdiri sejak tahun 2000. Daerah ini memiliki destinasi wisata religi yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Lima di antara sekian banyak kawasan wisata religi di Banten ini mungkin bisa kamu jadikan rujukan saat kamu bertandang ke ‘negeri debus’ ini.

Masjid Kapal Bosok

Masjid Kapal Bosok merupakan salah satu wisata ziarah di Banten dengan bentuk masjid yang cukup unik. Didominasi warna hijau dan biru, masjid unik berbentuk kapal ini terletak di kota Serang. Masjid ini pun pernah diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Dinamakan Masjid Kapal Bosok, karena menurut sejarah di daerah tersebut pernah ada sebuah kapal yang sudah membusuk namun tetap terlihat menarik. Hal tersebut menginspirasi masyarakat untuk membuat sebuah masjid dengan bentuk menyerupai kapal yang sudah membusuk di masa lalu.

Penziarahan Batu Qur’an

Terletak di Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang Banten, Batu Quran merupakan destinasi wisata religi berbentuk batu di antara sumber air jernih di sekitarnya.

Menurut sejarahnya, batu tersebut merupakan tempat pijakan kaki ulama Banten Syeikh Maulana Mansyur saat akan bertandang ke Makkah. Hanya orang-orang yang memiliki ‘mata batin’ yang bisa melihat adanya tulisan Al Qur’an di atas batu. Dipercaya orang awam tidak akan bisa melihatnya secara langsung.

Wisata Religius Gunung Santri

Daerah Wisata Religius Gunung Santri terletak di daerah Bojonegara Banten, terapit antara kota Serang dan Cilegon. Untuk menggapai puncak Gunung Santri, diperlukan stamina dan tenaga yang ekstra karena medan yang harus ditempuh cukup panjang dan berliku.

Wisata ziarah Gunung Santri sendiri merupakan gabungan beberapa makam para ulama yang cukup terkenal. Sebut saja makam Syeikh Muhammad Sholeh bin Abdurrohman, Syeikh Maulana Malik Isroil bin Abul Hasan Asy Syadzili dan Maulana Muhammad Ali Akbar.

Situs Banten Girang

Situs Purbakala Banten Girang berada di Jalan Raya Pendeglang, Kampung Tirtalaya. Dahulu untuk bisa sampai ke Banten Girang, harus melewati jembatan gantung yang akan bergoyang saat melintasinya. Selain sebagai tempat ziarah karena banyak makam para ulama, Situs Banten Girang juga dikenal karena terdapat museum kecil dan gua peninggalan sejarah masa lalu.

Kawasan Wisata Ziarah Banten Lama

Nah, ini nih yang jadi ikon wisata religi Banten yang cukup dikenal masyarakat di nusantara. Sudah direvitalisasi dengan nuansa mirip Madinah. Kawasan Wisata Banten Lama seolah tak pernah sepi para peziarah dari berbagai penjuru nusantara.

Selain makam para ulama, di kawasan Banten Lama kamu bisa melihat berbagai bangunan peninggalan sejarah antara lain: Keraton Surosowan, Istana Kaibon, Benteng Speelwijk, Masjid Agung Banten, dan Meriam Ki Amuk.(pdn)

INFOKAN PADA SAHABAT: