Empat Bahan Alami Yang Bisa Digunakan Untuk Rambut Rontok

Berinformasi.com, Jakarta – Bahan kimia akan menjadikan rambut menjadi rusak hingga rontok. Oleh sebab itu kita perlu tahu cara merawat rambut dengan bahan alami.

Bahan alami yang baik untuk rambut sangat mudah ditemukan di sekitar kita dan harganya pun terjangkau. Berikut empat bahan yang dapat digunakan untuk merawat rambut rontok.

Santan

Kelapa memang banyak dimanfaatkan untuk berbagai perawatan kecantikan. Namun sebenarnya bukan hanya minyak kelapa saja, santan kelapa juga ternyata bisa mengurangi rambut rontok. Kandungan proteinnya ternyata efektif merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut.

Sebelum keramas, coba aplikasikan santan ke seluruh rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 20 menit lalu keramas seperti biasa. Rambut akan terasa lebih halus dan bersinar setelah melakukan perawatan sederhana menggunakan santan.

Alpukat

Kalau buah yang satu ini pasti sudah biasa dijadikan masker rambut. Alpukat yang banyak mengandung protein alami ini memang bagus sekali untuk rambut dan kulit kepala.

Membuat masker rambut alpukat ini tidak susah. Caranya hancurkan saja alpukat sampai kental. Jika membuat sendiri masker alpukat ini di rumah, ada kegunaan lain yang bisa digunakan, yakni sebagai masker wajah juga.

Jambu Biji

Jambu biji ternyata selain enak dan penuh vitamin C ternyata juga bisa mengatasi rambut rontok. Buah yang banyak mengandung vitamin B3, B5 dan B6 ini mampu memperbaiki rambut rusak, membersihkan kulit kepala, dan menghentikan rambut rontok.

Caranya hancurkan buah jambu biji sampai menjadi bubur lembut dan tambahkan satu putih telur. Aduk kedua bahan ini sampai rata lalu langsung aplikasikan ke rambut dan kulit kepala. Diamkan 40 menit lalu pijat kulit kepala pelan- pelan, lalu bilas bersih menggunakan sampo.

Lidah Buaya

Dari jaman dahulu lidah buaya selalu dipercaya punya manfaat yang baik untuk rambut. Selain dapat membuat rambut lebih kuat, lidah buaya juga dipercaya membantu mengurangi kerontokan rambut.

Menurut Brazilian Journal of Microbiology, lidah buaya membantu meningkatkan sirkulasi darah. Lidah buaya yang dioleskan pada kulit kepala memberikan efek menurunnya kerontokan rambut dan rambut patah.

Setiap sebelum keramas, cobalah mengoleskan lidah buaya ke kulit kepala dan diamkan selama 15 – 20 menit. Cara ini sangat ampuh mencegah kerontokan dan membuat rambut tumbuh.(pdn)

Bahan makanan disekitar kita sebenarnya mempunyai banyak fungsi. Ada yang berfungsi sebagai perawat rambut rontok, membantu program diet, mencegah anemia dan lain sebagainya. Berikut bahan makanan yang baik untuk mencegah anemia.

INFOKAN PADA SAHABAT: