Empat Bunga Jepang Yang Belum Banyak Orang Ketahui

Berinformasi.com, Jakarta – Jepang ternyata mempunyai bunga indah selain bunga sakura. Bunga-bunga tersebut belum banyak diketahui orang. Padahal di Jepang Bunga ini sudah terkenal.

Karena bunga sakura identik dengan musim semi karena mekar indah di Jepang pada saat itu. Ketika kelopak bunga jatuh, semua jalan akan berubah menjadi merah muda dan putih.

Berikut empat bunga Jepang yang belum banyak orang ketahui. Simak ulasannya.

Pinus Jepang atau Matsu

Bentuk dari pinus ini sangat berbeda dengan pinus pada umumnya. Jika pinus umumnya tumbuh tegak ke atas, pinus Jepang tumbuh melebar dengan batang yang besar. Daunnya berwarna hijau tua dan cukup teduh. Sementara batang kayu memiliki warna gelap dan bahkan hitam.

Warna daun pinus Jepang ini tidak akan berubah karena musim berubah. Daunnya tidak akan jatuh di musim gugur. Tanaman Jepang ini juga sering digunakan sebagai bonsai karena bentuknya yang unik.

Shibazakura

Tnaman ini berbeda dengan sakura walaupun namanya agak mirip. Shibazakura lebih sering disebut dengan lumut merah muda. Tanaman ini tidak tumbuh di pohon dan besar, tetapi menyerupai semak dan berukuran sedang.

Shibazakura biasanya tumbuh rata dan mekar sepanjang April hingga Mei. Beberapa titik untuk menikmati tanaman Jepang ini adalah Taman Hitsujiyama di Chichibu atau sekitar Danau Motosuko.

Hydrangea atau Ajisai

Tanaman ini sudah banyak ada di Indonesia. Di Jepang tanaman ini mekar pada Mei hingga Juni. Bunganya berukuran kecil.

Tetapi tumbuh berkelompok sehingga kelihatannya sangat lebat. Warnanya sangat indah karena didominasi oleh ungu, biru muda, dan merah muda. Kondisi tanah dapat mempengaruhi warna bunga tumbuh.

Daunnya hijau terang dan ukurannya cukup besar. Beberapa orang menggunakan daun mereka sebagai teh yang disebut ama-cha.

Wisteria Jepang

Wisteria Jepang mempunyai pohon dengan bunga menjalar dengan indah. Bunga ini didominasi oleh warna ungu dan putih. Panjang bunga bervariasi tergantung pada jenis dan perawatannya.

Daunnya yang hijau muda memberi aksen segar. Biasanya tanaman Jepang ini mekar di musim semi dan digunakan untuk menghias kanopi. Di luar musim semi, sebaiknya tanaman Jepang dipangkas secara rutin agar tidak merusak area punggungan dan tetap rapi.(pdn)

Mau tahu apa saja tumbuhan apa saja yang menjadi ciri khas flora padang pasir? Berikut informasinya.

INFOKAN PADA SAHABAT: