Empat Hewan Di Dunia Yang Mempunyai Kulit Unik

Berinformasi.com, Jakarta – Masing-masing hewan biasanya memiliki bentuk kulit yang berbeda. Ada yang keras dan ada yang lembut. Bahkan ada yang mempunyai kulit unik.

Hewan yang memiliki kulit unik biasanya bisa dilihat dari bentuk kulit yang dimilikinya. Biasanya kulit unik hewan karena motif atau bentuknya.

Berikut empat hewan yang memiliki kulit unik yang ada di dunia.

Buaya

Kulit buaya terlihat tebal dan keras. Dari situ saja bisa dipastikan kulit yang dimiliki buaya sangat kuat. Kuat untuk melindungi tubuhnya dari serangan lawan lain.

Menurut idntime.com, kulit yang terletak pada wajah buaya sangat sensitif terhadap getaran dan tekanan. Sedangkan kulit yang ada pada rahang dapat mengenali riak paling samar dalam air. Itulah sebabnya hewan ini dapat mendeteksi mangsa walau sedang menyelam.

Pendeteksi mangsa yang dimiliki buaya tidak hanya terletak pada kulit, tetapi juga pada mulut dan giginya. Kulit buaya menjadi pelindung paling kuat yang dimilikinya. Karena kasar dan keras seperti baju besi yang melindungi.

Kulit buaya pun dijadikan sebagai bahan untuk kerajinan. Seperti kerajinan kulit untuk sepatu, tas dan jaket. Sudah banyak pengrajin yang memanfaatkan kulit buaya sebagai bahan untuk membuat kerajinan.

Jerapah

Pernahkan kalian bertanya kenapa hewan jerapah bisa bertahan hidup di Afrika? Padahal Benua Afrika udaranya sangat panas. Terutama Afrika merupakan habitat asli dari jerapah itu sendiri.

Bintik-bintik yang berada di kulit jerapah merupakan jendela termal. Jembatan termal berfungsi untuk mengontrol udara panas yang masuk ke dalam kulit. Di setiap bintik tersebut ada pembuluh darah besar. Pembuluh darah itu mengirim darah hangat ke titik-titik ini..

Sistem pada pembuluh darah dan kulit ini bisa membuat tubuh jerapah lebih sejuk. Jerapah adalah hewan yang tidak berkeringat. Hewan lain yang seperti itu adalah unta.

Karena jerapah akan menaikkan suhu tubuh 3-10 derajat celsius lebih panas lingkungan sekitarnya. Sehingga jerapah tidak perlu berkeringat.

Kadal Setan Berduri

Jika dilihat kadal setan berduri seperti dinosaurus dalam bentuk kecil. Kadal setan berduri biasa disebut the thorny devil. Permukaan kulitnya banyak duri besar seperti tanduk yang tumbuh.

Kadal ini berasal dari benua Australia. Kulit kadal ini sangat seram sehingga hewan lain tidak berani untuk mendekat. Karena kulitnya berduri dan menyakitkan bila disentuh.

Yang unik dari hewan ini adalah cara minumnya, yaitu dengan kaki. Itu disebabkan karena kadal ini bersifat super-hidrofobik. Untuk mudahnya menjelaskan super-hidrofobik adalah dengan melihat tisu yang menyerap air.

Tisu yang menyerap air dari bawah, lama-lama akan ke atas dan seolah melawan gravitasi. Begitu pula kadal ini, dengan minum dari kaki air tersebut dari bawah akan tersalur ke atas.

Zebra

Tahukah kamu apa fungsi kulit belang dimiliki zebra? Kulit belang ini dapat menghindarkan diri dari serangga. Warna belang tersebut membuat bingung serangga dan ragu-ragu untuk mendekat.

Sehingga bila serangga hinggap, zebra bias menghalau dengan menggibaskan ekornya. alau pun ada serangga yang hinggap di kulitnya, zebra bisa mengusirnya dengan cepat berkat kibasan ekornya.

Menurut penelitian, hewan dengan warna kulit terang lebih rentan mengalami kanker kulit. Sementara, zebra memiliki risiko yang minimal terhadap kanker kulit. Walau kulit zebra tersengat sinar matahari seharian. Selain itu, kulitnya menimbulkan polarisasi cahaya, sehingga bisa membingungkan serangga.(pdn)

Di dunia ada juga hewan unik yang merupakan hasil persilangan. Mau tahu apa saja? Berikut informasinya.

INFOKAN PADA SAHABAT: