Empat Jenis Durian Yang Paling Mudah Dibedakan Dari Segi Warnanya

Berinformasi.com, Jakarta – Buah durian dikenal memiliki aroma yang sangat kuat. Sebagian orang menganggap aromanya harum, sebagian lainnya membenci aroma tersebut.

Tekstur buahnya yang halus dan lembut dengan rasa manis yang khas membuat durian jadi primadona. Ternyata, jenisnya pun banyak. Pecinta durian wajib tahu dan eksplorasi rasa dari berbagai jenisnya berikut ini.

Durian Merah

Durian merah atau Duren Abang  ini bisa kita jumpai di Desa Kamiren Banyuwangi, Jawa Timur. Durian ini merupakan salah satu buah yang menjadi unggulan di daerah Jawa Timur, khususnya Banyuwangi. Oleh karena itu banyak para penggemar buah durian baik dari Jawa Timur maupun dari luar daerah Jawa Timur rela datang hanya untuk menikmati buah ini.

Durian yang nama latinnya Durio graveolens memiliki ciri daging buah yang berwarna merah. Berbeda dengan durian pada umumnya, biji durian merah lebih kecil dan daging buahnya pun lebih tebal dan lebih manis. Kadar alkoholnya pun lebih rendah dan aroma buah lebih menyengat. Buah ini berukuran sedang atau sedikit lebih kecil dibanding durian lain. Warna kulit buah tidak berbeda dengan jenis lainnya.

Durian Petruk

Durian petruk berasal dari Jawa Tengah. Asal mula durian ini adalah dari Dukuh Randusari, Desa Tahunan, Kecamatan Tahunan Jepara. Bentuk buahnya bulat telur terbalik (ujungnya agak runcing), kulit buahnya tipis (+ 3 mm), dan warnanya hijau kekuningan. Daging buah berwarna kuning, berserat halus, agak lembek, dan rasanya sangat manis, tetapi aromanya tidak begitu tajam/menyengat. Jumlah pongge per buah berkisar antara 5-10 biji sempurna. Ukuran bijinya kecil dan berbentuk lonjong.

Durian Pelangi

Durian pelangi berasal dari Manokwari Papua. Durian Pelangi merupakan hasil persilangan antara buah durian putih, durian merah dan durian kuning. Sehingga menghasilkan daging buah dengan warna yang bervariasi seperti pelangi. Durian Pelangi ini memiliki nama ilmiah Durio Zibethinus L.

Durian Tembaga

Durian tembaga berasal dari Sumatera Selatan. Dilihat dari bentuknya durian tembaga mempunyai ukurannya kecil dan berwarna hijau. Sekilas, tak ada yang menarik dari durian tembaga. Warna daging duriannya sangat kuning dan terlihat padat. Durian tembaga sangat manis rasanya dan dagingnya tebal.(pdn)

Semua pasti tahu buah kurma. Buah ini memiliki rasa bervariasi dan harga yang juga sangat tinggi untuk beberapa jenisnya. Tapi tahukah kamu buah asalpadang pasir yang tak kalah nikmat dan mahal? Ini dia informasinya.

INFOKAN PADA SAHABAT: