Empat Jenis Soto Yang Menjadi Makanan Khas Nusantara

Berinformasi.com, Jakarta – Indonesia memang terkenal akan kekayaan kulinernya. Contoh makanan yang menjadi favorit masyarakat adalah soto. Banyak jenis soto yang ada di indonesia.

Hampir disetiap penjuru daerah di indonesia mempunyai sajian soto yang berbeda. Mulai dari isian, jenis kuah, serta bahan pelengkapnya berbeda satu sama lain. Rasa dari soto-soto itu pun mempunyai keunikan sendiri.

Berikut empat jenis soto yang menjadi makanan khas nusantara.

Soto Betawi

Soto Betawi merupakan salah satu soto terkenal di indonesia. Hampir disetiap daerah ada yang menjual soto khas betawi ini. Soto ini berasal dari Jakarta, yang mayoritas penduduknya Betawi.

Kuah dari soto betawi ini kaya rempah. Santannya yang gurih dicampur dengan bumbu rempah dari pala, cengkeh, dan kapulaga. Isian soto betawi berupa daging dan jeroan sapi. Soto betawi paling pas disajikan dengan nasi hangat dan emping.

Keunikan soto ini yakni kuahnya yang berwarna lebih lebih cerah, pekat, dan creamy. Saat ini santan pada soto Betawi terkadang sudah diganti dengan susu.

Soto Lamongan

Soto lamongan mempunyai ciri khas bubuk koya yang gurih. Bubuk koya yang terbuat dari campuran bawang goreng dan kerupuk udang itu memang menambah cita rasa soto berkuah kuning ini.

Soto lamongan umumnya terdiri dari kol, sohun, dan suwiran daging ayam kampung. Soto ini juga biasanya disajikan dengan nasi hangat. Soto lamongan menjadi satu-satunya soto yang ditaburi bumbu koya.

Soto Bandung

Kebanyakan soto memang dimasak dengan aneka bumbu rempah, tapi soto bandung tidak. Sotonya ini justru dimasak dengan bumbu sederhana dan isian yang tidak seramai soto lainnya.

Soto bandung berisi daging sapi yang dipotong berbentuk dadu. Dicampur dengan potongan lobak dan taburan kacang kedelai. Meskipun sederhana, rasanya tetap enak.

Soto Mie Bogor

Jika kebanyakan soto disajikan dengan nasi, soto mie Bogor ini disajikan dengan mi kuning. Untuk isiannya, soto mie Bogor terdiri dari daging sapi. Kuahnya memang bening, tapi cita rasanya begitu enak.

Tidak hanya potongan ayam atau daging sapi, soto mi Bogor juga disajikan bersama risoles dan babat.(pdn)

Indonesia juga memiliki makanan yang sudah jarang ditemui. paling jika ada acara-acara tertentu. Mau tahu apa saja? Berikut ulasannya.

INFOKAN PADA SAHABAT: