Empat Masakan Nusantara Berbahan Dasar Ayam

Berinformasi.com, Jakarta – Ayam adalah salah satu bahan makanan yang paling umum untuk disantap setiap harinya. Indonesia mempunyai beragam makanan khas dengan bahan dasar ayam.

Agar tidak bosan mengonsumsi ayam, berikut ini ada inspirasi beberapa masakan yang berbahan dasar ayam berbalut dengan kearifan lokal bumbu berbagai daerah di Indonesia.

Ayam Taliwang

Ayam taliwang berasal dari Lombok. Ayam Taliwang dibuat dari ayam kampung muda yang diracik dengan berbagai bumbu seperti cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, tomat, kencur, jeruk limau, terasi, garam, dan gula merah. Ayam Taliwang diperkenalkan pertama kali oleh masyarakat Karang Taliwang di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Ayam Goreng Kalasan

Bagi Anda yang sudah cukup sering berkunjung ke Yogyakarta tentu sudah tak asing dengan makanan satu ini. Kalasan sendiri merupakan nama kecamatan di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Ayam ini digoreng menggunakan santan kelapa. Bahan dasar ayamdigunakan juga merupakan ayam kampung. Selain itu sajian ayam goreng Kalasan terkadang dilengkapi dengan srundeng atau gorengan kelapa parut yang ditaburkan di atas ayam. Ayam goreng Kalasan menggunakan bumbu-bumbu yang cukup sederhana, seperti bawang putih, daun salam, santan, dan lengkuas. Ayam goreng kalasan lebih enak bila dimakan dengan sambal.

Ayam Pop

Ayam Pop berasal dari sebuah rumah makan sederhana di Bukittinggi. Diracik dengan bumbu yang sangat sederhana. Rahasia kenikmatannya adalah metode ungkep yang digunakan untuk mengolah ayam ini. Ayam kampung diungkep dengan bumbu, lalu direbus, dan digoreng sebentar. Selain mendapatkan bumbu yang meresap, tekstur ayam ini pun lembut dan rasanya gurih.

Ayam Woku Manado

Woku ada dua jenis, Woku daun dan Woku belanga. Woku daun adalah memasak dibungkus daun. Sedangkan Woku belanga adalah memasak menggunakan belanga dan ayam Woku biasanya dimasak menggunakan belanga. Setelah bahan dasar ayam dicampur bumbu-bumbu seperti daun bawang, daun kunyit, daun jeruk, daun kemangi, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, lengkuas, jahe, garam dan lada ditumis. Potongan ayam akan dimasukan ke dalam belangan dengan air atau santan bersama tumisan bumbu-bumbu yang harum. Jika ingin rasa yang pedas, bisa ditambahkan cabai merah atau cabai rawit.

Pecinta kuliner pasti selalu ingin menikmati beragam rasa makanan khas berbagai negara dan daerah. Tahukah kamu makanan khas Jepang yang punya cita rasa unik. Berikut ulasannya.

INFOKAN PADA SAHABAT: