Empat Negara Produsen Susu Sapi Segar Terbesar Di Dunia

Berinformasi.com, Jakarta – Susu sapi segar biasanya dijual dalam berbagai variasi rasa, seperti vanilla, cokelat, strawberry hingga pisang. Namun ada juga ada yang rasa original.

Selain itu, susu juga digunakan untuk membuat keju, mentega, es krim hingga yogurt. Penasaran negara mana saja sebagai produsen susu sapi terbesar di dunia? Berikut informasinya.

Prancis

Di Prancis, ada lebih dari 70.000 peternakan sapi perah. Dalam setahun, Prancis menghasilkan sekitar 23,7 miliar kilogram susu sapi. Hal ini membuat Prancis menjadi produsen susu sapi terbesar kedua di Eropa setelah Jerman.

Totalnya, diperkirakan ada sekitar 3,6 juta sapi perah serta berbagai fasilitas pengolahan susu sapi. Susu ini tidak hanya diekspor dalam keadaan mentah, tetapi diproduksi sebagai keju dan susu bubuk, ungkap laman World Atlas.

Rusia

Sebagian besar peternakan sapi perah di Rusia masih memakai teknologi tradisional. Meski begitu, Rusia tidak bisa diremehkan sebagai salah satu produsen susu sapi terbesar di dunia. Dalam setahun, Rusia sanggup menghasilkan 30,3 miliar kilogram susu sapi.

Kebutuhan susu sapi dalam negeri juga tinggi, termasuk di Moskow, salah satu kota yang memiliki permintaan susu sapi yang tinggi, jelas laman World Atlas. Diperkirakan, ada sekitar 8 juta ekor sapi perah di Rusia saat ini.

Jerman

Inilah negara penghasil susu sapi terbesar di Eropa. Dalam setahun, Jerman bisa menghasilkan hingga 31,1 miliar kilogram susu sapi, terang laman World Atlas. Dalam skala global, Jerman adalah produsen susu sapi terbesar kelima di dunia.

Menariknya lagi, kebutuhan susu sapi segar di dalam negeri juga tinggi. Per orang bisa mengonsumsi sekitar 54 liter susu sapi setiap tahun, ujar laman Organic Market. Di sisi lain, peternak sapi perah Jerman menghadapi masalah kenaikan harga lahan dan kekurangan pekerja yang kompeten.

Brazil

Tak disangka, Brazil bisa menghasilkan 34,3 miliar kilogram susu sapi per tahun! Dulunya, Brazil adalah salah satu negara pengimpor susu sapi, tetapi kini Brazil menjadi produsen susu sapi terbesar keempat di dunia.

Uniknya, mereka punya sapi berjenis Gir yang bisa memproduksi hingga 100 liter susu per hari! Sapi Gir ini diimpor dari Gujarat, India dan dikenal karena bisa menghasilkan susu dalam jumlah lebih banyak dari sapi jenis lain.(pdn)

Susu merupakan bahan dasar dari keju. Di Dunia ada lima negara penghasil keju terbesar. Mau tahu negara apa saja? Berikut ulasannya.

INFOKAN PADA SAHABAT: