Empat Umbul Di Kabupaten Klaten Yang Patut Dikunjungi

Berinformasi.com, Klaten – Daerah Klaten patut berbangga diri. Karena memiliki sumber mata air yang banyak. Sumber mata air disebut umbul ini tersebar di berbagai wilayah di Klaten.

Umbul-umbul tersebut dimanfaatkan untuk pengairan sawah, kebutuhan sehari-hari, juga untuk sektor pariwisata. Berikut empat umbul andalan Klaten yang patut dikunjungi.

Umbul Ponggok

Umbul Ponggok berupa kolam renang besar dengan mata air alami. Pada dasar kolam terdapat pasir, kerang, berbagai benda buatan, dan tentunya beragam ikan. Sekian banyak umbul yang ada di Klaten, Umbul Ponggok adalah yang paling terkenal.

Umbul ini menawarkan sensasi foto di dalam air bersama ikan-ikan. Umbul Ponggok merupakan salah satu unit usaha wisata dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Tirta Mandiri Desa Ponggok. Setiap waktu libur tiba, tempat ini selalu ramai pengunjung.

Umbul Manten

Umbul Manten berada di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Ciri khas umbul ini adalah adanya sebuah kolam yang letaknya di sebuah pohon beringin besar. Air di kolam tersebut selalu terlihat penuh dan meluber ke bawah membentuk aliran air.

Umbul Manten berair jernih. Dingin dan segar ketika menyentuh kulit. Asal-usul nama Umbul Manten berasal dari legenda yang beredar. Konon, pada zaman dahulu pernah ada sepasang calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan. Kedua pengantin seharusnya menjalani proses pingitan yakni tidak boleh keluar saat mendekati hari pernikahan. Kedua orang calon pengantin tersebut melanggarnya. Akibatnya, mereka berdua hilang. Si perempuan hilang di Umbul Manten dan si laki-laki hilang di Umbul Pelem.

Umbul Brondong

Umbul Brondong terletak di Desa Grundul, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten. Untuk masuk ke lokasi Umbul Brondong pengunjung hanya perlu membayar tarif masuk Rp 2.000 per motor. Umbul ini biasa digunakan untuk berenang dan terapi kesehatan.

Umbul Kapilaler

Umbul Kapilaler ini terletak di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Umbul Kapiler berupa kolam dengan pohon beringin di atasnya. Untuk masuk ke dalam kolam Umbul Kapilaler, pengunjung harus menuruni tangga yang ada di dalam kolam. Jernihnya air dan dasar bebatuan yang terlihat membuat Umbul Kapilaler membuat siapapun tergoda untuk lekas menceburkan diri.(pdn)

Wisata air di Indonesia memang sangat banyak. Selain umbul, Indonesia kaya akan curug atau air terjun. Berikut curug-curug yang ada di Tasikmalaya.

INFOKAN PADA SAHABAT: