Enam Flora Yang Keberadaannya Dilindungi oleh Pemerintah Indonesia

Berinformasi.com, Jakarta – Masih banyak jenis flora yang tersebar di seluruh dunia. Namun tak banyak keberadaan flora yang masih mendapatkan perlindungan.

Banyak orang yang memanfaatkan flora sebagai kepentingan umum yang membuat punah flora. Kasus lain juga menyebabkan flora yang ada tidak lagi memiliki bibit untuk perkembangbiakkannya. Faktor perubahan alam seperti ketinggian dan iklim juga membuat flora punah.

Dilansir dari ilmugeografi.com, berikut adalah penjelasan mengenai flora yang di lindungi di Indonesia :

Pohon Jelutung

Pohon Jelutung (Dyera costulata) tumbuh hingga mencapai ketinggian 60m dengan diameter meter. Kayunya kuat dan ulet dan tersebar di Kalimantan dan sumatera.

Pohon Damar

Pohon Damar yang memiliki nama latin (Agathis labillardieri) merupakan pohon yang menghasilkan getah. Getah damar ini sangat berguna dan memiliki banyak manfaat. Namun keberadaannya sudah sangat memprihatinkan karena banyak ditebang oleh pembalak liar.

Pohon Ulin

Pohon Ulin (Eusiderxylon zwageri) juga dikenal sebagai pohon besi karena memiliki kayu yang keras hingga menyerupai besi. Komoditas kayu ini sangat laku dipasaran karena kualitas kayunya yang sudah tidak perlu diragukan lagi kekuatannya dan keawetannya. Pohon ulin banyak ditemukan di daerah Kalimantan namun saat ini sudah sangat langka karena tidak ditanam lagi setelah ditebang.

Pohon Bayur

Pohon Bayur yang bernama latin Pterospermum SP. Lagi-lagi memiliki kayu yang kuat dan awet sehingga banya dicari orang dan menjadikannya langka bahkan hampir punah.

Pohon Balam Suntai

Pohon Balam Suntai atau Palaquium walsurifolium merupakan tanaman khas Indonesia yang memiliki kualitas kayu premium. Pohon ini sekarang sudah mulai langka Karena banyak dicari orang dan hargaya yang sangat mahal.

Pohon Cendana

Pohon Cendana (Santalum album) merupakan kayu yang fenomenal karena memiliki aroma yang khas. Kayunya juga menghasilkan minyak yang sangat wangi dan dapat dijadikan parfum dengan harga yang sangat mahal. Kayunya juga bisa digunakan untuk rempah-rempah dan sebagai bahan dupa.

Kayu cendana juga dipercaya bisa mendekatkan kepada Tuhan ketika dijadikan benda untuk berdoa. Pohon cendana tumbuh sebagai parasit di pohon lain oleh karena itulah pohon cendana susah untuk dikembangbiakkan.(pdn)

INFOKAN PADA SAHABAT: