Enam Organisasi Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa

Berinformasi.com, Jakarta – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nation (UN) adalah organisasi yang bergerak dibidang perdamaian dunia dan kerja sama antar negara anggotanya.

PBB mempunyai 193 anggota negara. Markas PBB ada di New York, Amerika Serikat. Kantor lainnya ada di Jenewa, Swiss kemudian Wina, Austria, dan kota lainnya di dunia. PBB adalah organisasi internasional terbesar di dunia. Bahasa resmi yang digunakan PBB yakni bahasa Arab, bahasa Mandarin, bahasa Inggris, bahasa Perancis, bahasa Rusia, dan bahasa Spanyol.

Dilansir dari idnnews.com, berikut adalah 6 organisasi khusus PBB :

ILO

ILO merupakan singkatan dari International Labour Organization (Organisasi Buruh Internasional). ILO didirikan pada tanggal 11 April 1919 yang berkantor di Jenewa, Swiss. Organisasi ini bergerak dalam bidang perburuhan internasional. Contohnya menampung isu-isu terkait buruh di dunia. Tujuan dibentuknya organisasi ini yaitu untuk mencapai perdamaian dengan terciptanya keadilan sosial, perbaikan nasib buruh dan keluarganya, serta keadilan di bidang ekonomi.

IMF

IMF merupakan singkatan dari International Monetary Fund (Dana Moneter Internasional). IMF didirikan pada tanggal 27 September 1945 yang berkantor di Washington, DC., Amerika Serikat. Organisasi ini beranggotakan 189 negara termasuk Indonesia. IMF bertujuan untuk memajukan kerja sama internasional di bidang ekonomi. Didalamnya yaitu keuangan dan perdagangan. Sehingga dapat memperluas kesempatan kerja dan mencapai kemakmuran.

UNESCO

UNESCO merupakan singkatan dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. Organisasi ini bergerak dalam bidang pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan. UNESCO didirikan pada tanggal 4 November 1946 yang berkantor di Paris, Prancis. UNESCO memiliki anggota 191 negara. Tujuan utama UNESCO yaitu menjalin hubungan kerja sama dan perdamaian melalui pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan.

UNICEF

UNICEF merupakan singkatan dari United Nations International Chilidren’s Emergency Fund. UNICEF didirikan pada tanggal 11 Desember 1946. Organisasi ini bertujuan untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan perkembangan kesejahteraan jangka panjang kepada anak-anak dan ibunya di negara-negara berkembang.

WHO

WHO merupakan singkatan dari World Health Organization. WHO didirikan pada tanggal 7 April 1948 yang berkantor di Jenewa, Swiss. Organisasi ini bergerak menjadi koordinator kesehatan umum Internasional. Tujuan besar WHO yaitu agar semua orang mencapai tingkat kesehatan tertinggi yang paling memungkinkan. Dengan tugas utama yaitu membasmi penyakit, khususnya penyakit-penyakit menular.

FAO

FAO merupakan singkatan dari Food and Agriculture Organization. FAO didirikan pada tanggal 16 Oktober 1945 yang berkantor di Quebec City, Kanada. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan nutrisi dan tarah hidup, serta meningkatkan produksi, proses, pemasaran, dan penyaluran produk pangan dan pertanian. Dengan tujuan utama yaitu menghilangkan kelaparan.(pdn)

INFOKAN PADA SAHABAT: