Fungsi Dua Gigi Depan Kelinci Yang Tidak Banyak Orang Tau

Berinformasi.com, Jakarta – Menggigit dan mengunyah makanan adalah fungsi gigi depan kelinci yang ukurannya lebih besar dari gigi lainnya. Dua gigi depan terlihat ketika kelinci makan..

Apa teman-teman tahu mengapa kelinci punya dua buah gigi depan yang lebih besar? Ternyata gigi depan kelinci yang lebih besar ini punya fungsi penting, lo. Yuk, cari tahu fungsi gigi depan kelinci!

Dilansir dari bobo.grid.id, dua buah gigi depan yang ukurannya lebih besar pada kelinci ini sebenarnya adalah bagian dari gigi seri yang dimiliki oleh kelinci. Seekor kelinci dewasa memiliki enam buah gigi seri, yaitu gigi seri di bagian atas, dua di bagian bawah, dan dua gigi kecil yang ada di belakang gigi seri atas. Gigi kecil ini disebut juga sebagai pasak gigi.

Selain enam buah gigi seri, kelinci juga memiliki 22 gigi lainnya, yang terdiri dari gigi pipi. Dua belas buah gigi pipi berada di bagian atas dan 10 gigi pipi ada di bagian bawah. Sehingga seekor kelinci dewasa memiliki total 28 gigi di dalam mulutnya.

Fungsi Gigi Kelinci

Dari setiap gigi yang dimiliki oleh kelinci, fungsinya juga berbeda, nih, teman-teman. Gigi seri kelinci yang berada di depan dan merupakan ciri khas dari kelinci berguna untuk memotong makanan yang kasar juga berserat. Sedangkan gigi pipi berperan untuk mengunyah dan memotong makanan menjadi potongan yang lebih kecil, dengan tujuan agar mudah ditelan.

Nah, perpaduan dari fungsi dua jenis gigi kelinci ini sangat berguna di alam liar saat kelinci sedang makan. Kelinci yang dipelihara biasanya akan diberikan makanan keras, seperti wortel. Ternyata mengonsumsi makanan yang keras memang diperlukan oleh kelinci, lo, teman-teman.

Hal ini disebabkan karena gigi depan kelinci yang khas ini akan terus tumbuh kalau kelinci tidak mengonsumsi makanan yang keras. Setiap tahunnya, gigi kelinci bisa tumbuh sekitar tujuh hingga 12 sentimeter. Sebabnya, kelinci memiliki gigi dengan akar terbuka, sehingga giginya akan terus tumbuh.

Nah, untuk mencegah gigi kelinci terus tumbuh, maka hal yang dilakukan adalah mengonsumsi makanan yang teksturnya keras. Kalau biasanya kelinci yang dipelihara mengonsumsi wortel, sebenarnya kelinci di alam liar adalah hewan yang bisa memakan apapun. Mulai dari rumput berserat, jerami, ranting, hingga potongan kulit pohon.(pdn)

INFOKAN PADA SAHABAT: