Fungsi Unik Aroma Yang Dimiliki Bunga di Indonesia

Berinformasi.com, Jakarta  – Fungsi aroma bunga yang harum, banyak dijadikan untuk parfum. Misalnya aroma mawar, lavender, atau berbagai bunga lainnya.

Bahkan beberapa aroma bunga dikenal dengan fungsinya yang mampu menenangkan dan memberikan efek relaksasi. Namun ternyata tidak semua bunga memiliki aroma yang harum. Ada bunga yang tidak berbau, atau justru memiliki bau yang tidak sedap.

Salah satu bunga yang berbau tidak sedap adalah bunga Raflesia Arnoldii atau bunga raflesia dan bunga bangkai. Aroma bunga yang khas dan berbeda-beda ini ternyata memiliki fungsi.

Bunga melati memiliki aroma yang sangat harum, bahkan bisa tercium dari jauh, sama seperti bunga sedap malam. Sedangkan bunga Raflesia Arnoldii punya aroma yang tidak enak dan menyengat hidung.

Bahkan bunga bangkai diberi nama demikian karena memiliki aroma yang sangat tidak enak. Meski ada bunga yang beraroma harum dan ada bunga yang aromanya sangat tidak sedap, tapi fungsinya tetap sama.

Fungsi dari aroma bunga adalah untuk menarik perhatian serangga untuk datang menghampirinya. Serangga punya peran penting untuk bunga karena membantu proses reproduksi bunga. Ketika serangga hinggap di bunga, serbuk sari bunga akan menempel pada serangga.

Dilansir dari bobo.grid.id,  saat serangga terbang ke bunga lain, maka serbuk sari tadi akan terbang bersama serangga dan menempel ke bunga berikutnya. Proses ini disebut juga entomogami, yang berasal dari kata entomos, yang berarti serangga. Tidak hanya bunga dengan aroma yang harum saja yang menarik perhatian serangga untuk hinggap di atasnya.

Bunga dengan aroma tidak sedap, seperti bunga raflesia dan bunga bangkai juga tetap menarik perhatian serangga untuk menghinggapinya.

Serangga-serangga itu adalah serangga atau kumbang yang biasanya memangsa bangkai binatang, seperti lalat. Aroma harum pada bunga dihasilkan oleh minyak atsiri, dan semakin tinggi kadar minyak atsiri, maka akan membuat bunga semakin harum.(pdn)

INFOKAN PADA SAHABAT: