Inilah Jenis-Jenis Bawang Merah Yang Ada di Indonesia

Berinformasi.com, Jakarta – Permintaan bawang merah sangat tinggi, itu sebabnya banyak yang membudidayakan. Bawang merah mempunyai varietas yang disetiap daerah bisa berbeda.

Bawang merah menjadi komoditas utama di Indonesia. Karena bawang merah merupakan bumbu dasar dari sebuah masakan. Berikut diantaranya varietas bawang merah.

Bawang Merah Bima Brebes

Bima Brebes adalah bawang varietas asli yang berasal dari lokal Brebes. Bawang ini membutuhkan waktu 50 hingga 60 hari untuk bisa dipanen. Karena sulit untuk berbunga secara alami, para petani sering membantu penyerbukannya. Setiap tanamannya menghasilkan 7-12 umbi per rumpun atau 60-100 buah per tangkai.

Bentuk umbi bawang bima bresbes adalah lonjong dan bercincin kecil pada leher cakramnya. Warna umbinya merah muda. Bisa dibilang bawang ini merupakan yang paling sering ditemukan di pasaran. Karena  tanaman bawangnya cukup tahan terhadap busuk atau pun penyakit, sehingga petani senang menanamnya.

 Bawang Merah Kuning

Masih dari lokal Brebes, ada bawang kuning. Namanya memang kuning, tapi warnanya merah gelap. Bawang ini membutuhkan waktu untuk menjadi bawang yang sempurna selama 56-66 hari. Bentuk umbinya silindris tapi agak besar seperti pipa. Lebih mudahnya, bawang ini berbentuk bulat dengan ujung meruncing.

Setiap tangkainya menghasilkan 70-96 buah bawang. Sayangnya, bawang ini punya kelemahan terhadap penyakit Fusarium (jamur) dan Alternaria porri (penyakit bercak ungu yang sering menyerang tanaman bawang dan bawang daun). Selain di Brebes, bawang kuning dikembangkan juga di Maja, Cirebon, Tegal dan Probolinggo.

Bawang Merah Maja Cipanas

Bawang merah yang gemuk-gemuk ini lokal Cipanas, namanya adalah Maja Cipanas. Berbeda dengan jenis-jenis bawang yang sudah dibahas di atas, Maja Cipanas cukup mudah berbunga sendiri secara alami. Ciri-ciri bawang ini adalah memiliki bentuk daun yang silindris dan berlubang. Untuk umbinya sendiri berbentuk bulat, seperti yang bisa Anda lihat pada gambar, dan warnanya merah muda.

Bawang Merah Kramat 2

Kramat 2 adalah bawang hasil persilangan varietas Maja Cipanas x Bawang Bombai (Gunung Batu). Umur panennya setelah 62 hari, dan per anakan akan menghasilkan 5-8 umbi per rumpun, dan menghasilkan 55-75 buah per tangkainya.

Berbeda dari indukannya, yaitu Maja Cipanas, bawang Kramat 2 bulat tapi di bagian lehernya agak besar, jadi terlihat agak lebih langsing. Bawang yang berwarna merah pucat ini dikembangkan di Maja, Brebes, Tegal dan Probolinggo.

Bawang Merah Mentes

Selanjutnya, kami akan membahas bawang mentes. Bawang ini bukan varietas asli, melainkan dikembangkan di Balai Penelitian Tanaman Sayuran di Lembang. Bawang ini termasuk golongan varietas klon (persilangan dua jenis bawang), yaitu bawang B 3117 dan B 3155.

Bawang mentes sudah bisa dipanen setelah 50-58 hari tanam. Menghasilkan bawang merah dengan umbi berbentuk pipih tapi agak bulat, berukuran tinggi 1.5-2.25 cm dan diameter 1.00-2.27 cm.

Ciri-ciri lainnya adalah, warna umbi bawang ini merah pucat, dengan berat bawang per umbi sekitar 5-10 gram saja. Bawang ini cukup kecil jika dibandingkan beberapa varietas lainnya. Setelah dipanen, bawang ini bisa bertahan hingga 3-4 bulan masa penyimpanan.(pdn)

Durian menjadi salah satu buah primadona di masyarakat. Tahukan kamu durian memiliki beramag warna pada buahnya? Warna buah itu ternyata menentukan harga dan nikmatnya rasa. Berikut ulasannya.

INFOKAN PADA SAHABAT: