Inilah Tiga Tanaman Yang Hanya Tumbuh Di Daerah Gunung

Berinformasi.com, Jakarta – Tumbuhan yang terkenal oleh para pendaki gunung adalah Edelweis. Namun siapa sangka di pegunungan ada juga tanaman lain yang bisa tumbuh selain Edelweis.

Tumbuhan ini mempunyai fungsi masing-masing. Ada yang memang benar-benar bermanfaat, ada pula yang malah merugikan tanaman sekitarnya.

Cantigi

Pohon Cantigi termasuk tanaman yang kuat terhadap asap belerang dan tanah kawah beracun. Pohon ini biasa tumbuh di puncak gunung. Di berbagai daerah sebutan untuk Pohon Cantigi berbeda-beda, misalnya Manis Rejo (Jawa), Cantigi (Sunda), Delima Montak (Kaltim).

Hampir di semua gunung Indonesia tumbuh pohon cantigi ini secara subur. Jika ingin melihat pohon catigi berbunga, datangnya pada bulan Juli-Agustus. Bunga cantigi berwarna ungu gelap, berbentuk lonceng dan harum seperti almond.

Akar pohon cantigi sangat kuat, sehingga biasanya digunakan oleh para pendaki untuk tumpuan. Saat ada badai pohon cantigi pulalah yang menjadi pelindung bagi para pendaki. Buah dan pucuk daunnya pun bisa dimakan ketika keadaan darurat.

Verbena

Verbena sekilas mirip dengan lavender karena mempunyai bunga berwarna ungu. Walapun warnanya sangat cantik, namun ternyata bunga ini sangat mematikan. Bunga verbena mempunyai sifat invasif atau tumbuhan perusak.

Tumbuhan ini merusak dengan cara menghabiskan sumber makanan disekitarnya. Sehingga tumbuhan yang berada disekitarnya akan mati kekurangan makanan. Oleh sebab itu biasanya tanaman ini ditanam menyendiri agar tidak merusak tanaman lainnya.

Bunga ini mempunyai masa hidup yang pendek. Penyebaran bunyanya melalui serbukbenih yang terbawa angin. Sehingga tumbuhan ini gampang menyebar dan tumbuh dengan sendirinya.

Memetik bunga ni harus hati-hati, karena jika serbuknya menyebar dan tumbuh akan merugikan tanaman disekitarnya. Bunga verbena berasal dari Amerika Latin. Bisa sampai ke Indonesia diduga ada pendaki yang membawa bunga ini. Bunga ini banyak di temukan di sekitar Ranu kumbolo.

Pohon Murbei

Pohon murbei biasanya tumbuh di area pegunungan. Bentuknya seperti anggur kecil.  Daun pohon ini merupakan makanan satu-satunya ulat sutera.

Di Amerika dan Asia daunnya dimanfaatkan sebagai makanan ulat sutera. Sedangkan buah murdiolah menjadi jus, selai, jeli, kue, teh, dan masih banyak lagi.

Jus murbei juga mempunyai banyak khasiat, terutama untuk mata. Buah murbei mengandung vitamin A yang tinggi. Sehingga dapat mengurangi ketegangan pada mata dan dapat meningkatkan pengelihatan.

Tanaman ini paling tinggi tumbuh sekitar 10-15m dan tergolong tanaman yang cepat tumbuh. Buah murbei berukuran sekitar 2–3 cm, berwarna merah bila masih muda dan ungu tua bila sudah matang.(pdn)

Apakah kamu tahu ada tanaman yang bisa mengusir nyamuk di sekitar rumah? Jika belum tahu, berikut jenis tanaman itu.

INFOKAN PADA SAHABAT: