Kapal Selam Canggih Buatan Indonesia Bernama Alugoro

Berinformasi.com, Jakarta – Kapal selam Aluguro-405 merupakan alutsista milik TNI AL. Diproduksi dalam kerjasama PT PAL dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering

Diesel Eelctric Submarine U209/1400 ini merupakan kapal selam ke tiga yang dipesan oleh Indonesia. Dua lainnya adalah KRI Nagapasa 403 dan KRI Ardadeli 404.

Dilansir dari merdeka.com, Alugoro ini memiliki kecanggihan dan spesifikasi yang lebih mumpuni dibanding dua yang sudah dipesan sebelumnya.

Peluncuran dan pemberian nama kapal ini dilakukan pada 11 April 2019 lalu di Dermaga Kapal Selam PT PAL Indonesia yang seterusnya akan dilakukan proses uji coba. Kapal ini sudah menjalani tahapan Nominal Diving Depth (NDD) dan selanjutnya akan dilakukan serah terima kepada TNI pada Desember mendatang.

Nama Aluguro 405 sendiri diambil dari cerita pewayangan Prabu Baladewa yang dikenal adil, tegas dan jujur. Memiliki sebuah senjata berbentuk Gada yang dinamakan Aluguro.

Senjata Aluguro ini diberikan oleh Batara Brama kepada Baladewa setelah dinyatakan lulus menuntut ilmu. Senjata Aluguro sendiri diceritakan memiliki kekuatan pemusnah berbentuk Gada dengan kedua ujung yang runcing. Dari filosofi itulah nama Aluguro dipilih untuk menjadi namanya.(pdn)

INFOKAN PADA SAHABAT:

2 tanggapan untuk “Kapal Selam Canggih Buatan Indonesia Bernama Alugoro

Komentar ditutup.