Lima Bahan Makanan Yang Dapat Mencegah Anemia

Berinformasi.com, Jakarta – Jika badan terasa lemah, letih, lesu, lelah, lunglai, pucat dan pusing bisa jadi itu adalah anemia. Anemia adalah kondisi kadar haemoglobin di bawah normal.

Anemia yang paling sering terjadi adalah Anemia Defisiensi Besi (ADB) yang disebabkan karena kekurangan kadar zat besi dalam tubuh. Kondisi ini bisa terjadi saat seseorang tidak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dengan cukup. ADB sebenarnya cukup mudah ditangani tetapi jika dibiarkan risiko komplikasi dan teserang penyakit lain serta infeksi semakin besar.

Zat besi bisa dipenuhi dari makanan terutama protein nabati dan hewani. Di bawah ini lima bahan makanan penambah darah untuk mencegah anemia.

Kacang Polong

Kekurangan kandungan folat dalam tubuh juga dapat menyebabkan anemia. Untuk mencegahnya maka cobalah untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan folat tinggi salah satunya adalah kacang polong. Mengonsumsi satu cangkir kacang polong dipercaya dapat membantu mencegahnya.

Daging Merah

Salah satu makanan yang bisa kamu pilih untuk mengurangi resiko anemia adalah daging merah. Daging merah mengandung zat besi, protein, omega-3 dan vitamin B kompleks yang baik menambah sel darah merah.

Kurma

Cara menambah darah tidak selalu harus mengonsumsi obat penambah darah. Anda bisa mencoba cara lain yaitu dengan mengonsumsi kurma yang alami dan aman untuk kesehatan tubuh. 100 gram kurma dipercaya mengandung sekitar 28 mcg vitamin B9 yang mana salah satu vitamin B9 adalah asam folat yang amat sangat penting bagi pembentukan sel darah merah.

Tahu

Tahu merupakan makan yang menjadi favorit semua orang, makanan ini sangat mudah dijumpai di negara-negara asia tenggara. Selain enak tahu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena merupakan sumber tiamin, kalsium dan magnesium untuk tubuh. Kalasium ini lah yang berperan penting untuk pembentukan haemoglobin.

Kacang Tanah

Kacang tanah merupakan sayuran yang lebih banyak tumbuh di daerah tropis dan Indonesia termasuk di dalamnya. Kacang tanah mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh seperti zat besi, asam folat dan vitamin B12. Oleh karenanya mengonsumsi kacang tanah dapat mencegah terjadinya anemia.(pdn)

INFOKAN PADA SAHABAT: