Lima Candi Hindu Yang Letaknya Ada Di Yogyakarta

Berinformasi.com, Yogyakarta – Indonesia terkenal dengan julukan negeri seribu candi. Di wilayah Yogyakarta saja ada beberapa candi yang ada. mulai dari candi Hindu hingga Candi Budha.

Indonesia punya banyak bagunan candi bersejarah peninggalan Kerajaan Kediri, Mataram, Singosari, dan Majapahit. begitu juga di Yogyakarta.

Mereka dipenuhi relief dan ukiran yang terpahat apik, berdiri megah, terlihat gagah. Pada zaman kerajaan saat itu, mayoritas agama yang mereka anut adalah agama hindu. Itu mengapa tercipta candi hindu seperti berikut.

Candi Prambanan

Datang ke Sleman, Yogyakarta. Lagian candi bercorak hindu ini sudah terkenal sampai ke luar negeri. Ini karena arsitekturnya tampak menjulang indah dan ramping. Ketinggiannya sampai 47 meter. Ini adalah Candi Hindu di Indonesia terbesar sekaligus terindah di Asia Tenggara.

Candi Sambisari

Lokasinya di Sleman, Yogyakarta. Candi hindu ini berada di dalam tanah, karena terkubur material vulkanik Gunung Merapi. candi hindu ini ditemukan tanpa sengaja oleh seorang petani setempat di tahun 1996.

Candi Kedulan

Candi yang ditemukan oleh penambang pasi pada tahun 1993 ini terletak di daerah kedulan, Kecamatan Kalasan Yogyakarta. Candi yang memiliki arsitektur dengan berciri khas mulut kala bertaring bawah. Candi ini diperkirakan berdiri sekitar abad ke-9 yaitu pada zaman Kerajaan mataram Kuno.

 Candi Ijo

Candi yang kira-kira berlokasi 4 kilometer arah tenggara dari Candi Ratu Boko. Candi yang ditemukan dengan luas sekitar 0.8 hektare ini diperkirakan memiliki luas yang lbih besar. Dinamakan Candi Ijo karena berada di daerah Gumuk atau dalam bahasa Indonesia disebut Bukit Hijau.

Candi Gebang
??

Candi yang ditemukan pada tahun 1936 ditemukan oleh arkeolog Belanda Van Remondt. Setahun setelah ditemukan dilakukan pemugaran dari tahun 1937-1939. Candi ini terletak di daerah Wedomartani, di dusun Gebang, Sleman.(pdn)

Yogyakarta dikenal dengan banyak candi di daerahnya. Sedangkan Tasikmalaya dikenal dengan banyak curug atau air terjun di daerahnya. Mau tahu apa saja curug yang ada di tasikmalaya. Berikut ulasannya.

INFOKAN PADA SAHABAT: