Lima Hewan Purba Yang Masih Hidup Sampai Sekarang

Berinformasi.com, Jakarta – Hewan purba hidup sejak ratusan bahkan ribuan tahun lalu, saat ini sudah banyak yang punah. Yang tersisa hanyalah fosilnya saja tersimpan di museum.

Ternyata di Indonesia masih ada hewan purba meski saat ini jumlahnya sudah sangat sedikit. Tetapi spesies dari hewan-hewan ini masih ada yang tersisa hidup. Tak sedikit dari hewan-hewan purba ini yang juga dilindungi oleh negara.

Komodo

Salah satu hewan purba yang masih ada di Indonesia adalah komodo. Komodo merupakan hewan sejenis kadal dengan ukuran terbesar di dunia. Panjang tubuhnya itu, rata-rata bisa mencapai 2 hingga 3 meter. Hewan ini termasuk jenis kanibal, karena sering memakan tubuh anaknya sendiri.

Komodo ini dapat kita temui di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Saat ini, hewan yang juga disebut ‘Biawak Komodo’ ini di lindungi di Taman Nasional Komodo. Lokasinya berada di antara Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

 Ikan Arwana

Ikan yang begitu populer di sungai Amazon ini ternyata juga termasuk hewan purba loh dan keberadaannya terancam punah. Ikan ini termasuk karnivor atau pemakan daging. Badan dari ikan ini panjang dan sirip dubur terletak jauh di belakang badan.

Ikan Arwana ini juga dapat ditemui di perairan air tawar di Indonesia. Salah satu contohnya adalah Ikan Arwana Super Red, dapat dijumpai dengan mudah di Sungai Kapuas dan Danau Sentarum di Kalimantan Barat. Jadi, hati-hati yaa jika berkunjung ke daerah sana.

Trenggiling

Kamu tahu jenis hewan yang dapat menggulungkan badannya saat diserang musuh? Ya, itu adalah trenggiling dan ternyata hewan tersebut juga termasuk hewan purba loh. Spesies hewan yang memiliki sisik besar di sekujur tubuhnya ini sudah ada sejak 23 juta tahun yang lalu.

Di Indonesia, populasi dari trenggiling ini dapat dijumpai di daerah pegunungan Sumatra, Jambi, Kalimantan, Jawa dan juga Bali. Jumlah populasi hewan ini sudah sangat sedikit dan di Indonesia termasuk hewan yang di lindungi agar kelestariannya tidak punah.

Buaya Muara

Di Indonesia ada banyak sekali jenis buaya, salah satunya adalah Buaya Muara. Reptil ini adalah jenis buaya terbesar di dunia dan sering memangsa manusia yang mencoba untuk memasuki wilayahnya. Panjang tubuhnya sekitar 2,5 meter hingga 3,3 meter tiap ekornya.

Hewan purba jenis reptil yang satu ini tersebar di seluruh perairan dataran rendah dan perairan pantai di daerah tropis Asia Selatan, Asia Tenggara dan Australia. Di Indonesia sendiri pernah terjadi serangan buaya ini kepada manusia di daerah Kalimantan dan Sumatra. Itu tandanya, Buaya Muara juga masih hidup di perairan tersebut.

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing atau penyu raksasa juga termasuk hewan purba yang masih ada di Indonesia. Hewan ini merupakan penyu terbesar di dunia dan merupakan reptil terbesar ke empat di dunia. Penyu ini sudah ada di muka bumi ini sejak 100 juta tahun silam.

Populasi penyu jenis ini dapat dijumpai di perairan tropis Indo-Australia. Hewan ini memang sudah sangat langka. Di Indonesia, Penyu Belimbing adalah hewan yang dilindungi dan sejak tahun 1987 tidak boleh diburu menurut keputusan Menteri Pertanian.(pdn)

INFOKAN PADA SAHABAT: