Lima Jenis Bunga Ini Bisa Menjadi Bahan Masakan

Berinformasi.com, Jakarta – Selama ini bagian dari sayuran yang umum dimakan itu adalah daun atau batangnya. Ternyata ada bagian bunga dari beberapa tanaman yang bisa dibuat masakan.

Agar kebutuhan gizi keluarga tercukupi, sayuran perlu ditambahnkan ke dalam menu makanan sehari-hari. Mulai dari dibuat sop, ditumis, direbus, atau dimakan mentah sebagai lalapan.

Bunga Bawang

Bunga bawang memiliki bentuk seperti bawang daun, dengan ujung bunganya yang putih kuncup. Rasa dari bunga bawang ini segar, teksturnya pun renyah. Sangat untuk dicampur ke dalam berbagai tumisan. Bunga bawang juga lezat dinikmati segar atau mentah bersama lumpia khas Semarang.

Bunga Pepaya

Tak hanya bagian buah dan daunnya saja yang dikonsumsi, ternyata bunga pepaya juga cukup sering diolah lho. Bunga pepaya yang dipakai tentunya yang masih kuncup, belum mekar, dan berwarna hijau muda kekuningan. Meskipun rasa dari bunga pepaya ini agak pahit, tapi bisa disamarkan dengan cara direbus bersama asam dan penambahan bumbu rempah yang kuat dalam masakan.

Bunga Genjer

Biasanya, bagian genjer yang diambil untuk dikonsumsi adalah daun dan batangnya. Tapi ternyata bunganya pun bisa dikonsumsi. Bentuk dari bunga genjer ini kecil dan masih berbentuk kuncup. Untuk mendapatkan rasa bunga genjer yang segar seperti kangkung.

Bunga Kecombrang

Bunga kecombrang memiliki warna merah jambu dengan bentuk kuncup sepanjang jari telunjuk atau lebih panjang. Rasa dari bunga kecombrang ini cenderung asam dengan aroma yang khas. Biasanya, bunga kecombrang diolah dengan cara dicampurkan ke dalam sambal, tumisan, atau dicampur dalam masakan berkuah.

Bunga Turi

Bentuk bunga turi yang belum mekar atau mirip seperti bulan sabit. Jika sudah mekar, lebih mirip seperti kupu-kupu. Warnanya ada yang putih cenderung hijau pucat dan juga merah. Tapi yang paling sering dikonsumsi adalah yang berwarna putih. Rasanya sedikit pahit, tapi sangat khas. Bunga turi sering dicampurkan ke dalam pecel. Tapi beberapa orang memakannya dalam keadaan mentah sebagai lalapan.(pdn)

INFOKAN PADA SAHABAT: