Lima Makanan Khas Jepang Yang Terkenal Di Indonesia

Berinformasi.com, Jepang – Jepang dijuluki sebagai Negeri Sakura. Jepang memiliki kebudayaan yang sangat kental yang menjadikannya sebagai incaran para wisatawan.

Selain kaya destinasi wisata, Negeri Sakura ini juga memiliki banyak kuliner khas dengan citarasa super lezat.

Bahkan di Indonesia, telah banyak kedai makanan Jepang. Berikut 5 makanan Jepang yang sangat terkenal di Indonesia.

Sushi

Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak.

Makanan khas Jepang satu ini sangat populer di Indonesia. Sushi mudah ditemukan di berbagai restoran Jepang. Varian sushi yang paling terkenal California roll, salmon roll, dan dragon roll.

Udon

Mie udon adalah mie khas Jepang yang tebal dan kenyal. Terbuat dari tepung gandum, udon disajikan panas di musim dingin dan disajikan dingin di musim panas juga bervariasi. Karena rasanya yang netral, mie udon dapat dihidangkan bersama kaldu kari, topping yang mencakup ikan goreng, berbagai sayuran, babi dan kemungkinan tidak terbatas.

Mie udon tersedia dalam variasi yang sangat banyak, seperti direbus, hingga digoreng, tetapi umumnya dianggap paling baik saat segar (bukan dikeringkan). Bentuknya termasuk datar, lebar dan tipis, dari yang lainnya yang jauh lebih tebal dan bulat.

Ramen

Ramen bisa dibilang raja mie di Jepang, dan di seluruh dunia, meskipun merupakan bentuk mie Jepang terbaru. Mie gandum tipis ini disajikan dalam berbagai kaldu, dari shio (garam) dan shoyu (kecap) hingga tonkotsu (tulang babi) dan ramen gaya terbaru, miso. Jenis ramen yang paling dikenal adalah ramen panas, yaitu kaldu panas dan mie dimakan saat masih hangat.

Jenis ramen yang kedua adalah ramen dingin atau hiyashi chuka, di mana mie disajikan dingin tanpa kaldu. Cuka atau saus lainnya dituangkan di atas mie, dan seluruh hidangan diberi aksen oleh daging atau sayuran yang diiris tipis. Jenis ramen ketiga disebut tsukemen, dan pada dasarnya adalah mangkuk ramen yang didekonstruksi. Sempurna untuk mereka yang tidak suka kaldu, hidangan tsukemen termasuk mie kering dan hangat dan saus untuk dicelupkan ke dalamnya. Tetapi, ramen hampir selalu disajikan panas dengan kuah berwarna kuning keemasan, dan merupakan solusi cepat dan murah jika kelaparan di Jepang.

Sashimi

Sashimi adalah makanan mentah yang paling terkenal di Jepang. Makanan laut adalah yang paling sering di jadikan sashimi contohnya seperti daging sapi, kuda dan rusa. Selain makanan laut, ada juga makanan seperti kulit tahu yuba dan konnyaku juga dapat disajikan sebagai Sashimi.

Sebagian besar jenis Sashimi diberi bumbu kecap dengan mencelupkan masing-masing potongan ke dalam piring kecil yang berisi kecap. Selain diberi kecap, kadang ada yang diberi sedikit wasabi atau jahe yang ditambahkan ke potongan sashimi. Beberapa orang juga seringkali menambahkan daikon dan bawang.

Takoyaki

Takoyaki adalah salah satu cemilan enak yang berasal dari Kansai, Jepang. Makanan yang satu ini berbentuk bulat kecil-kecil serupa bola pingpong. Di daerah asalnya, takoyaki dibuat dari adonan tepung terigu dengan isian potongan gurita.

Makanan khas Jepang satu ini sangat populer di Indonesia. Takoyaki bisa ditemukan di berbagai restoran Jepang.

Suku Asmat juga punya makanan enak dari berbagai olahan yang unik. Suku di Papua ini banyak mengolah Sagu menjadi makanan khas yang rasanya sangat nikmat. Ini ulasannya.

INFOKAN PADA SAHABAT: