Lima Makanan Mudah Ditemukan Yang Bisa Menambah Imun Tubuh

Berinformasi.com, Jakarta – Virus Corona merupakan virus yang menyerang bagian pernapasan manusia. Virus Corona salah satu penyakit menular melalui droplet.

Gejala awal yang dialami biasanya flu, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, nyeri kepala, nyeri otot hingga komplikasi berat.

Meskipun pemerintah sudah berjuang semaksimal mungkin, warga diminta untuk waspada dan mematuhi protokol kesehatan dengan ketat.

Menjaga kebersihan, sering mencuci tangan, perbanyak minum air putih, olahraga, istirahat yang cukup, makan makanan bergizi dan lain sebagainya.

Dilansir dari brilio.net, makanan bisa menjadi kunci utama menambah imun tubuh. Jika imun tubuh kuat, badan akan tetap terjaga dan tidak mudah sakit.

Imun bisa didapat dari makanan denga kadar gizi yang cukup dan seimbang. Berikut lima makanan mudah ditemukan yang bisa menambah imun tubuh.

Jeruk

Jeruk yang mengandung vitamin C, sangat bagus untuk daya tahan tubuh. Karena vitamin C membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Vitamin C diduga meningkatkan produksi sel darah putih, sebagai kunci untuk memerangi infeksi. Buah jeruk sendiri meliputi jeruk bali, jeruk, jeruk keprok, jeruk lemon, jeruk nipis, dan clementine.

Tubuh tidak bisa memproduksi sendiri dan menyimpan vitamin C secara berkala. Sebab itu kamu memerlukan vitamin C harian untuk kesehatan yang berkelanjutan. Hampir semua buah jeruk kaya akan vitamin C. Dengan variasi yang bisa dipilih, kamu juga bisa menambahkan perasan vitamin ini ke makanan apa pun.

Brokoli

Makanan yang satu ini sudah dikenal punya banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Brokoli jadi makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga sistem imun supaya tetap tinggi. Brokoli kaya akan antioksidan, zat yang dapat memerangi racun dalam tubuh. Selain itu pula brokoli kaya akan vitamin C, vitamin A, dan vitamin E.

Bawang Putih

Bawang putih bisa ditemukan hampir pada setiap masakan di dunia. Selain jadi bumbu masakan, bawang putih punya segudang manfaat. Salah satunya ialah bawang putih bisa sebagai temulawak atau penambah nafsu makan. Jika nafsu makanmu bagus, maka kesehatan tubuh akan tetap terjaga. Dilansir dari healthline, menurut Pusat Kesehatan Pelengkap dan Integratif Nasional, bawang putih dipercaya bisa memerangi infeksi.

Jahe

Nggak hanya bawang putih saja, jahe juga jadi andalan saat tubuh sedang sakit. Jahe menjadi populer untuk meredakan masuk angin masyarakat Indonesia. Sebab jahe dapat membantu mengurangi peradangan, yang dapat membantu mengurangi sakit tenggorokan dan penyakit radang lainnya. Jahe juga dapat membantu mengurangi rasa mual.

Sementara itu jahe juga bisa digunakan jadi bahan olahan untuk makanan penutup. Rasa jahe yang panas berbentuk gingerol (sejenis capsaicin), dapat membantu mengurangi rasa sakit kronis dan mungkin memiliki sifat penurun kolesterol. Maka dari itu jahe jadi makanan yang bisa menambah imun tubuh.

Bayam

Bayam masuk dalam daftar penambah imun. Karena pada dasarnya bayam kaya akan vitamin C. Bayam juga mengandung banyak antioksidan dan beta karoten, yang dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi sistem kekebalan tubuh. Kandungan bayam bisa dibilang mirip dengan brokoli. Bayam paling sehat jika dimasak tidak terlalu matang, sehingga nutrisinya tetap bertahan.

INFOKAN PADA SAHABAT: