Lima Tanaman Merambat Yang Bisa Memperindah Halaman

Berinformasi.com, Jakarta – Tanaman merambat dapat membuat dinding atau kanopi rumah tampak lebih cantik. Ada dua jenis tanaman rambat yakni tanaman rambat berbunga dan berupa daun saja.

Fungsi dari tanaman merambat ini membuat rumah terasa lebih sejuk. Ukurannya lebih fleksibel dan tampilannya lebih cantik. Cocok untuk rumah dengan halaman mungil dan ditanam di area teras atau gazebo.

Berikut ini merupakan daftar tanaman merambat yang tumbuh terus sepanjang waktu.

Tanaman Merambat Bougenvil

Nama tanaman yang satu ini sudah pasti tidak asing lagi di telinga. Tidak banyak yang sadar kalau tanaman ini termasuk dalam kategori tanaman merambat. Tanaman ini memiliki daun yang lebat sekaligus bunga warna-warni.

Selain bisa membuat rumahmu sejuk, tanaman ini juga cukup tangguh karena bisa hidup di tengah udara panas tanpa perlu disiram air setiap hari. Biasanya tanaman merambat ini bisa kamu temukan di taman-taman kota dan pinggir jalan.

 Tanaman Merambat Morning Glory

Tanaman merambat lainnya yang memiliki bunga cantik adalah morning glory. Tanaman ini diberi nama demikian karena bunganya bermekaran pada pagi hari. Tanaman merambat yang satu ini sangat cantik, sederhana, dan rimbun. Warna bunga tanaman merambat ini biasanya ungu jika ditanam di daerah panas dan biru jika ditanam di daerah sejuk. Kedua warna tersebut sama cantiknya. Morning glory ini juga bisa bertahan hidup meski disiram setiap seminggu sekali.

Tanaman Merambat Dollar

Daunnya berukuran kecil-kecil dengan warna hijau tua. Di Indonesia, tanaman merambat ini populer sebagai penghias dinding eksterior sekaligus penyejuk suasana. Tanaman tanpa bunga ini mampu tumbuh merambat dengan cepat. Hanya saja kamu perlu memperhatikan keadaan tanah di sekitarnya karena akar tanaman ini sangat kuat dan bisa merusak.

Tanaman Merambat Air Mata Pengantin

Nama tanaman merambat yang satu ini memang cukup menyedihkan, tapi tenang saja karena penampilannya sangat cantik. Mampu tumbuh dengan cepat sehingga rumah akan selalu terasa sejuk.

Tanaman merambat berbunga pink ini cocok diletakkan di bagian atap teras rumah atau atap gazebo. Kemudian dibiarkan menjuntai bagaikan tirai yang mampu menghalau sinar matahari. Sebenarnya tanaman ini termasuk dalam kategori gulma sehingga bisa tumbuh subur meski tanpa perawatan rutin.

 Tanaman Merambat Mandevilla

Kalau sebelumnya kita sudah membahas tanaman merambat untuk atap dan dinding. Saatnya untuk tanaman merambat yang cocok untuk menghias pagar rumah yaitu mandevilla. Tanaman ini mempunyai berbunga putih, pink dan merah. Batangnya cukup lemas sehingga perlu diikat beberapa sudutnya agar bisa merambat ke tempat yang diinginkan dengan sempurna. Bunganya sangat cantik dan terbilang kuat untuk menghadapi hama.

Selain membuat rumah terasa lebih sejuk berkat daunnya yang rimbun, tanaman merambat ini bisa menjadi salah satu bentuk partisipasi kamu dalam menghijaukan lingkungan dan meredam polusi udara.(pdn)

INFOKAN PADA SAHABAT: