Lima Wisata Air Terjun Di Jawa Barat Yang Jadi Incaran Wisatawan

Berinformasi.com, Jakarta – Jawa Barat terkenal dengan keindahan alamnya. Jawa Barat juga memiliki udara yang sejuk membuat kawasan ini memiliki tempat wisata alam yang indah, seperti air terjun.

Jawa Barat juga mempunyai beberapa air terjun yang patut dikunjungi ketika berlibur. Berikut lima air terjun yang jadi incaran para wisatawan.

Curug Mala Garut

Curug Mala atau Curug Cikawung merupakan salah satu curug yang berada di Kabupaten Garut. Curug Mala dapat diartikan dalam bahasa sunda ialah berbelok, curug ini mengaliri sungai Cikawung.

Curug Mala hanya muncul ketika musim hujan tiba dan aliranya hanya akan dialiri air ketika hujan turun saja. Memiliki keindahan yang terletak pada karakternya yang berundak-undak dengan ukuran yang tidak terlalu tinggi, serta panorama alam dan warna air Curug Mala yang begitu sangat menyatu. Udaranya juga sangat sejuk sehingga mampu dengan cepat mengusir segala penat.

Curug Citambur Cianjur

Curug Citambur berlokasi di daerah Cianjur Selatan. Curug Citambur memiliki keindahan alam yang sangat memesona. Curug Citambur memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan debit airnya yang sangat deras. Sehingga menimbulkan uap air yang tampak seperti kabut tipis. Keindahan dari Curug Citambur adalah panorama alamnya yang sangat indah dengan pepohonan dan rerumputan di sekitarnya sangat hijau disaat musim penghujan layaknya sebuah karpet hijau yang dibentangkan disekitar air terjun.

Karena dikelilingi oleh tebing yang curam dan cukup berbahaya, pengunjung tidak dapat bermain main air di bawah air terjun. Curug Citambur memiliki fasilitas yang cukup untuk sebuah tempat wisata.

Curug Awang Sukabumi

Curug Awang terletak di Ciletuh Sukabumi. Banyak orang menyebutnya Niagara mini Sukabumi. Curug Awang memiliki ketinggian tebing air 40 meter dengan lebar 60 meter serta kedalaman curug sekitar 8 meter. Air terjun ini memiliki warna air yang keruh sehingga tidak disarankan bagi pengunjung untuk berenang.

Pengunjung dapat menikmati keindahannya dengan duduk-duduk bersantai di bebatuan besar yang terdapat disekitarnya. Keindahan Curug Awang juga dapat dinikmati dari sisi atas yaitu dengan cara menaiki bukit dan akan terlihat pemandangan luasnya aliran sungai serta air terjun yang indah.

Curug Lontar Bogor

Curug Lontar terletak di Desa Karacak, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 37 meter dengan debit air yang cukup deras.

Menurut keterangan warga sekitar air Curug Lontar tidak pernah surut meskpun musim kemarau tiba. Curug Cilontar dimanfaatkan sebagai sumber air untuk PLTA Kracak. Karena terbilang tidak populer, air terjun ini jarang dikunjungi oleh pengunjung. Sehingga pemandangannya masih sangat asri dan sejuk dengan debit air yang deras dikelilingi pohon yang rimbun.

Curug Cikaso Sukabumi

Curug Cikaso berlokasi di kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Jawa Barat. Struktur Curug Cikaso yaitu memiliki tiga titik curahan air terjung yang masing-masing bernama Curug Aseupan, Curug Meong, dan Curug Aki. Curug Cikaso memiliki ketinggian 80 meter.

Panorama alam di Curug Cikaso terbilang luar biasa indah, limpahan tiga titik air terjun ditengah rimbunan pepohonan yang hijau dan asri ditambah dengan warna air yang berwarna biru kehijauan menambah nilai pesona keindahannya. Curug ini semakin indah jika dinikmati ketika saat debit air sedang besar, karena air yang tercurah lebih deras dan gemuruhnya lebih keras.(pdn)

Masih diseputar Jawa Barat, beberapa kawasan wisata ini juga wajib dkunjungi. Apalagi bagi para pecinta wisata alam dan air terjun. Simak ulasannya.

INFOKAN PADA SAHABAT: