Mengenal Rasi Bintang Yang Digunakan Sebagai Petunjuk Arah

Berinformasi.com, Jakarta – Rasi bintang adalah sekelompok bintang yang tampak berhubungan membentuk suatu konfigurasi khusus. Rasi Bintang kerap juga digunakan sebagai petunjuk arah.

Dari Bumi rasi bintang terlihat berdekatan satu dengan yang lain, namun sebenarnya jaraknya berjauhan. Hanya orang-orang yang mempunyai kemampuan yang sangat tinggi dapat mengenali dan mengelompokkan pola bintang-bintang yang tampak berdekatan menjadi rasi-rasi bintang.

Sebelum ada GPS orang-orang dahulu menggunakan rasi bintang sebagai petunjuk arah. Tidak hanya itu, rasi bintang juga digunakan orang-orang terdahulu untuk mengetahui masa berococok tanam yang tepat.

Rasi bintang yang biasanya dipakai untuk petunjuk arah ada empat, berikut penjelasannya.

1. Ursa Mayor (Biduk)

Ursa Mayor digunakan manusia untuk menunjukan arah utara. Rasi ini terdiri dari tujuh bintang yang bila ditarik garis berbentuk seperti biduk atau gayung besar. Rasi bintang ini tetap berada di arah utara sepanjang tahun, tepatnya diatas kutub utara. Bintang paling terang dalam Ursa Mayor adalah Polaris.

2. Crux (Layang-Layang)

Crux digunakan manusia untuk menunjukan arah selatan. Rasi ini terdiri dari empat bintang yang bila ditarik garis berbentuk seperti layang-layang. Rasi bintang ini sering digunakan pelaut zaman dahulu karna berwarna biru dan mudah dilihat tanpa bantuan alat. Bintang paling terang dalam Crux adalah Alpha Crucis atau Acrux.

3. Orion (Pemburu)

Orion digunakan manusia untuk menunjukan arah barat. Rasi ini terdiri dari tiga bintang yang berjajar di langit barat dan dikelilingi oleh bintang terang lainnya. Dilansir dari bobo.grid.id, tiga bintang yang sejajar itu disebut sabuk Orion. Bintang paling terang dalam Orion adalah Alpha Orionids atau Betelgeuse.

4. Scorpio (Kalajengking)

Scorpio digunakan manusia untuk menunjukan arah tenggara atau timur langit. Rasi ini terdiri dari susunan bintang-bintang yang jika ditarik garis akan membentuk seperti kalajengking. Scorpio agak sulit dicari pada langit malam karena jumlah bintangnya yang sangat banyak. Bintang paling terang dalam Scorpio adalah Alpha Scorpii atau Antares.(pdn)

INFOKAN PADA SAHABAT: