Mengenal Tiga Jenis Tikus Yang Ada Di Sekitar Rumah

Berinformasi.com, Jakarta – Kehadiran tikus di rumah memang sangat mengganggu. Kehadiran berbagai jenis tikus di rumah juga membawa banyak penyakit, seperti pes dan hantavirus.

Dalam wilayah permukiman umumnya dapat dijumpai 3 jenis tikus yang berbeda. Namun banyak orang yang berpikir bahwa itu tikus yang sama. Padahal setiap jenis tikus memiliki ciri khas-nya masing-masing.

Kenali ciri dan macam-macam tikus agar bisa membasmi dan tidak lagi mengganggu lagi.  Berikut ini penjelasan ketiga jenis tikus tersebut.

Tikus Norway (Rattus norvegicus)

Tikus Norway umumnya dikenal sebagai tikus abu-abu, tikus coklat atau tikus selokan. Mereka sering hidup dan bersarang di bawah tanah.

Ciri-ciri fisiknya dapat mencapai panjang hingga 16 inci. Mempunyai ukuran umumnya 7 – 10 inci dengan panjang ekor 6 – 8 inci. Tikus jenis ini memiliki telinga kecil dan mata hitam besar yang menonjol.

Tikus dengan nama latin Rattus norvegicus ini memiliki umur pendek mulai dari 5 – 12 bulan. Namun selama periode waktu yang singkat setiap tikus betina biasanya akan melahirkan sekitar 20 anak.

Tikus ini memiliki karakteristik yang tidak pandai memanjat dan mempunyai kemampuan mengerat yang tinggi. Biasanya mereka tinggal di basement, di dalam maupun di luar bangunan. Makanan yang paling disenangi yaitu yang sampah, daging, dan makanan busuk.

Tikus Rumah (Rattus rattus)
187103848

Tikus rumah merupakan tikus kecil dengan ciri-ciri fisik telinga bundar, moncong pendek dan mata serta ekor yang panjang. Warnanya bervariasi dari coklat terang sampai coklat tua.

Di antara suara-suara tikus yang sedang lari atau menggerogoti sesuatu, seekor tikus rumah dapat dikenali dengan suara mencicit bernada tinggi.

Tikus rumah cenderung tumbuh subur dalam berbagai kondisi dan jenis bangunan. Mereka kerap bersembunyi dengan tinggal di lubang-lubang dinding. Rattus rattus adalah pelari cepat serta pelompat dan perenang yang hebat.

Dalam kondisi optimal, mereka dapat melahirkan 6 Р10 kali per tahun dengan 5 Р7 anak tikus sekali melahirkan. Berbeda dengan tikus Norway, tikus Rumah atau tikus atap menyukai makanan yang lebih bersih. Mereka suka dengan biji-bijian, buah-buahan serta sayur-sayuran  yang segar, dan juga daging.

Mencit (Mus Musculus)
639177038

Mus musculus adalah tikus yang masuk ke dalam keluarga Muridae (tikus-tikusan yang berukuran kecil).

Mencit mudah dijumpai di rumah-rumah dan dikenal sebagai hewan pengganggu karena kebiasaannya menggerogoti mebel dan barang-barang lainnya, serta bersarang di sudut-sudut lemari. Populasi Mencit sangatlah besar. Bahkan, hewan ini diduga sebagai mamalia terbanyak kedua di dunia setelah manusia.

Mencit sangat mudah menyesuaikan diri dengan perubahan yang dibuat manusia. Mereka lebih banyak tinggal di perkotaan dan jumlah tikus mencit yang hidup liar di hutan sangat  sedikit.

Tikus ini punya ciri-ciri fisik berupa panjang ekor yang selalu sama dengan panjang badan dan kepala. Warna bulunya agak kontras. Pada bagian atas lebih gelap atau kelabu gelap sedangkan pada bagian punggung coklat kelabu.(pdn)

Ternyata monyet pun mempunyai beberapa jenis. Mau tahu apa saja jenisnya? Berikut ulasannya.

INFOKAN PADA SAHABAT: