Proses Alamiah Dibalik Buah-Buahan Yang Sudah Matang

Berinformasi.com, Jakarta  – Untuk mengetahui apakah buah-buahan sudah matang atau belum, cara yang bisa dilakukan adalah dengan memakannya. Manis atau asam menandakan kematangan buah.

Selain mengetahui buah sudah matang atau belum dengan cara memakannya, kita juga bisa mengetahui tingkat kematangan buah dari warna. Seperti pisang, yang saat belum matang, maka kulitnya berwarna hijau. Sedangkan jika sudah matang maka kulitnya akan berwarna kuning.

Namun bukan hanya pisang saja yang mengalami perubahan warna dan rasa saat sudah matang. Ada berbagai buah yang juga mengalami perubahan warna kulit dan rasa ketika sudah matang.

Ada proses apa yang terjadi pada buah-buahan saat memasuki tahap matang, hingga mengalami perubahan warna dan rasa, ya?

Dilansir dari bobo.grid.id, buah yang berwarna hijau sebelum matang disebabkan oleh sel klorofil yang ada pada buah. Zat klorofil pada buah membantu mendapatkan nutrisi dari tanah dan dibantu sinar matahari. Fungsi dari zat klorofil digunakan untuk menghasilkan isi buah, salah satunya zat pati.

Proses Pematangan Buah

Proses pematangan buah akan dimulai saat benih hampir sepenuhnya matang yang dipicu oleh gas etilen yang diproduksi secara alami oleh buah.

Lalu apa yang menyebabkan warna buah berubah dari hijau ke warna yang berbeda-beda ketika mulai matang?

Perubahan warna ini disebabkan oleh klorofil yang rusak dan digantikan oleh senyawa lain.

Ada dua senyawa yang mengantikan yaitu karotenoid berwarna oranye dan anthocyanin yang berwarna merah, biru, dan ungu. Selain membuat buah menjadi matang, dua senyawa ini juga mencegan buah untuk terlalu cepat matang dan membusuk terkena udara. Saat klorofil ini rusak, maka pigmen yang ada di kulit buah dan sebelumnya tertutup akan bisa terlihat di permukaan kulit buah.

Rasa manis buah yang berubah saat buah matang disebabkan oleh pemecahan sel pada buah. Pemecahan sel di dalam buah ini akan digantikan dengan gula alami yang muncul dan menimbulkan rasa manis pada buah. Salah satu zat yang terpecah menjadi gula saat buah matang adalah zat pati pada buah yang terurai menjadi gula.

Namun tidak semua buah berubah menjadi manis dengan cara yang sama. Ada beberapa buah yang menjadi manis saat sudah matang, tapi ada juga buah yang tetap memiliki rasa asam meski sudah matang.

Hal ini bisa terjadi karena buah itu menyimpan zat gula dan tidak memecahnya ke buah. Selain perubahan rasa dan warna kulit, tekstur buah yang sudah matang juga akan terasa lebih lunak saat dipegang atau ditekan.(pdn)

INFOKAN PADA SAHABAT: