Ragam Jenis Sepeda Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli

Berinformasi.com, Jakarta – Sepeda yang kita kenal sekarang ini memiliki desain berkembang. Jenis sepeda pun sekarang sudah beragam. Dari yang memiliki bentuk kecil hingga yang besar.

Sekarang ini sudah banyak jalanan kota yang diisi dengan sepeda. Para pecinta sepeda pun membentuk berbagai macam komunitas.

Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan kesadaran berolahraga. Beberapa orang di daerah perkotaan memilih sepeda sebagai alat transportasi.

Dilansir dari decathlon.co.id, berikut jenis-jenis sepeda yang biasanya orang pakai yang perlu diketahui.

Sepeda Gunung

Sepeda gunung digunakan di medan yang cukup berat. Sepeda ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970 di San Fransisco. Sepeda gunung memiliki rangka yang terbuat dari pipa berukuran besar. Sehingga lebih kuat dan kokoh dibanding jenis sepeda lain. Ukuran roda dari sepeda gunung adalah 26 inci. Sepeda gunung mempunyai tapak lebar yang berfungsi mencengkeram tanah dan batu. Shock breaker sepeda gunung terletak pada roda. Sepeda gunung memiliki 3 gear depan dan 10 gear belakang.

Sepeda Balap

Sepeda balap adalah sepeda yang memang dikhususkan untuk balapan. Sepeda ini umumnya memiliki berat yang sangat ringan. Sehingga mampu menghasilkan kecepatan yang tinggi. Sepeda balap mampu menghasilkan kecepatan hingga 60 km/jam. Sepeda balap tidak memilki shock breaker. Sepeda balap memiliki ukuran roda 27 inci. Sepeda balap mempunyai strir yang melengkung.

Sepeda Hybrid

Sepeda hybrid adalah perpaduan antara sepeda gunung dan sepeda balap. Bentuk rangka jenis sepeda ini mirip dengan sepeda gunung. Yang membedakan pada sepeda hybrid ada shock breaker pada roda depan. Sepeda hybrid memiliki ukuran roda 27 inci. Bentuk ban sepeda hybrid memiliki permukaan yang sedikit bertekstur.

Sepeda BMX

BMX adalah singkatan dari Bicycle Moto Xross. Sepeda jenis ini dapat digunakan untuk balapan dengan atraksi ekstrem. Olahraga sepeda BMX sendiri sangat populer di California.

Sepeda Lipat

Sepeda lipat adalah salah satu sepeda yang cara penyimpanannya mudah. Sepeda lipat bisa dibawa dalam transportasi umum. Sepeda jenis ini sangat cocok digunakan di jalan beraspal. Ukuran ban sepeda lipat ada tiga yaitu, 16 inci, 20 inci dan 24 inci.

Setelah mengetahui jenis sepedanya maka akan lebih mudah untuk menentukan mana yang sesuai dengan budget dan kebutuhan.(pdn)

INFOKAN PADA SAHABAT: