Robot Berteknologi Tinggi Diciptakan Untuk Membantu Rumah Sakit

Berinformasi.com, Jakarta – Rwanda telah mengerahkan lima robot berteknologi tinggi untuk membantu mengendalikan penyebaran virus corona baru di rumah sakit.

Dilansir dari nationalgeographic.grid.id, robot rumah sakit yang dilengkapi dengan teknologi pengenal ucapan ini, dapat melakukan berbagai tugas. Di antaranya, pemeriksaan suhu, memberikan makanan dan obat-obatan kepada pasien. Selain itu mengambil data serta mendeteksi jika seseorang tidak memakai masker.

“Robot-robot ini akan mengurangi risiko paparan COVID-19 di antara petugas kesehatan dan memfasilitasi transisi dari fail pasien yang berbasis kertas ke catatan digital,” tutur Sabin Nsanzimana, direktur jenderal Pusat Biomedis Rwanda.

Robot-robot itu, yang masing-masing menelan biaya 3.300 dolar. Telah dirancang oleh perusahaan robotika Belgia Zora Bots. Serta dibeli oleh kementerian kesehatan Rwanda dengan dukungan dari Program Pembangunan PBB (UNDP).

Rwanda, yang dikenal sebagai yang terdepan dalam inovasi teknologi di Afrika, sejauh ini hanya mencatat 320 kasus COVID-19 dan tidak ada kematian, menurut Pusat Pengendalian Penyakit Afrika.(pdn)

INFOKAN PADA SAHABAT:

2 tanggapan untuk “Robot Berteknologi Tinggi Diciptakan Untuk Membantu Rumah Sakit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *