Sembilan Wisata Antariksa Yang Dapat Kita Kunjungi

Berinformasi.com, Jakarta – Wisata edukasi tentang antariksa begitu menggoda bagi sebagian orang. Mereka ingin tahu segala sesuatu tentang antariksa.

Jika Anda termasuk pelancong yang suka menjelajah informasi terkait dunia luar angkasa, berikut ini beberapa tempat yang bisa dikunjungi seperti dikutip dari tempo.co.

Palomar Observatory, California

Palomar Observatory adalah observatorium atau gedung yang dilengkapi teleskop dan teropong bintang untuk penelitian ilmiah tentang luar angkasa. Teleskop Hale berukuran 200 inci yang dimiliki Palomar Observatory telah membantu penelitian tentang tata surya, planet, populasi bintang, serta karakter galaksi.

Memorial Museum of Cosmonaustics, Moskow

Memorial Museum of Cosmonautics di Moskow adalah tempat yang digunakan untuk mempelajari ruang angkasa. Ada juga teater untuk menayangkan film mengenai informasi sejarah kosmonot -sebutan untuk antariksawan Rusia.

Very Large Array, New Mexico

Very Large Array atau VLA yang letaknya sekitar 50 mil dari Socorro, New Mexico, memiliki 27 antena radio, masing-masing lebarnya 24,9 meter. VLA menawarkan tur dengan pemandu pada hari Sabtu di pekan pertama dan ketiga setiap bulan, dimulai pukul 11.00 sampai 15.00. Pengunjung mendapatkan kesempatan melihat sekilas cara kerja antena. Kesempatan tersebut bisa menjadi pengalaman untuk mengamati aspek teknis penelitian tentang luar angkasa.

Mauna Kea, Hawaii

Mauna Kea menjadi lokasi untuk observatorium di Hawaii yang menawarkan pengalaman mengamati bintang dari dataran tinggi. Stasiun Informasi Pengunjung atau The Visitor’s Information Station terletak di ketinggian 2.800 meter di atas permukaan laut. Ini tempat yang cocok untuk melihat bintang.

Baikonur Cosmodrome, Kazakhstan

Baikonur Cosmodrome adalah tempat peluncuran satelit Sputnik 1 dan misi luar angkasa Vostok 1. Setiap tahun, ada beberapa peluncuran luar angkasa dan pengunjung bisa mendapatkan kesempatan untuk menonton.

Walt Disney World, Orlando, Florida

Walt Disney World memiliki beberapa simulasi bila ingin merasakan sensasi ke luar angkasa. Wahana Epcot, Mission: Space menawarkan silmulasi perjalanan ke planet Mars. Pengunjung berperan sebagai penumpang dengan didampingi tim astronot yang memberitahu cara mengendalikan pesawat luar angkasa.

Disney juga menghadirkan Star Tours di Disney’s Hollywood Studios. Wahana ini merupakan simulasi perjalanan luar angkasa bertema Star Wars dengan pengalaman seperti mengembara ke beberapa planet.

Smithsonian Air and Space Museum, Washington D.C

Smithsonian Air and Space Museum menampilkan banyak artefak dalam sejarah eksplorasi angkasa, termasuk Apollo Lunar Module dan Space Shuttle Discovery. Selain memorabilia tentang luar angkasa, museum ini juga menampilkan Planetarium Albert Einstein. Ada Lockheed Martin IMAX Theatre di mana pengunjung dapat menonton film tentang perjalanan luar angkasa pada layar yang amat besar.

NASA Space Center, Houston

Space Center Houston memiliki semua koleksi pakaian antariksa. Galeri astronot memamerkan pakaian antariksa yang telah dipakai sejak awal perjalanan ruang angkasa. Houston’s Starship Gallery juga menjadi tempat beberapa pesawat luar angkasa, seperti Apollo 17, Mercury 9 dan Gemini V. Di dalamnya ada Mission Mars, yakni pameran interaktif agar pengunjung mengetahui beberapa hal yang diperlukan untuk melakukan perjalanan ke Mars.

Kennedy Space Center, Florida

Kennedy Space Center memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk mengetahui lebih dekat dengan peralatan ruang angkasa. Kennedy Space Center menampilkan berbagai pameran, di antaranya roket luar angkasa Rocket Garden dan Astronaut Hall of Fame. Ada pula mantan astronot yang tampil sebagai pembicara dan simulasi penerbangan luar angkasa.(pdn)

INFOKAN PADA SAHABAT: