Senjata Yang Dipakai Tentara Indonesia Saat Mengusir Penjajah

Berinformasi.com, Jakarta – Ketika zaman penjajahan diperlukan senjata untuk melawan. Selain senjata tradisional, ada pula senjata modern yang dipakai tentara Indonesia pada saat itu.

Senjata-senjata tersebut digunakan sampai Indonesia merdeka. Sudah tahu senjata apa saja itu? Berikut penjelasannya.

Lee-Enfield

Peperangan dulu senjata api yang digunakan adalah Lee-Enfield. Lee-Enfield diproduksi pada tahun 1895 di Inggris. Lee-Enfield termasuk senapan paling tua yang masih digunakan sampai sekarang.

Lee-Enfield sudah diproduksi hingga lebih dari 17 juta buah dalam kurun waktu 1895 sampai 1980-an. Lee-Enfield digunakan pada perang dunia 1 dan 2. Nama Lee-Enfield diambil dari nama orang yang mendesainnya, yaitu James Paris LEE dan RSAF Enfield.

Ketika melawan penjajah, senjata ini digunakan oleh tentara Indonesia. Para pejuang merampasnya dari Inggris dan Belanda, jarak efektifitasnya ialah 503 meter.

Sten Gun

Sten Gun merupakan senjata produksi Inggris pada tahun 1941. Indonesia pernah menggunakan sten gun jenis Mk I-IV.  Sten Gun mampu menembakkan peluru hingga 500 biji setiap menitnya. Kemampuan ini membuat Sten Gun banyak digunakan di berbagai perang termasuk di Indonesia.

Sten Gun merupakan sub-machine buatan asal Inggris yang mulai diproduksi pada tahun 1941 dan didesain oleh Major Reginald V. Shepherd dan Harold J. Turpin.

Sten gun didesain simple dan lumayan kasar. Harga dari Sten Gun ini termasuk murah dibanding dengan senjata perang lainnya. Pejuang Indonesia kala itu berhasil merampas sten gun dari tentara Inggris.

M1 Garand

M1 Garand merupakan senjata paling laris dalam sejarah peperangan dunia. M1 Garand dibuat oleh Amerika Serikat pada tahun 1936. M1 Garand hampir mirip dengan Lee Enfield.

M1 Garand adalah senjata yang diproduksi oleh Amerika mulai awal Perang Dunia II. Produksi dari senjata ini berakhir pada tahun 1973. Senjata yang sangat mematikan di zamannya ini digunakan oleh banyak militer dunia termasuk Jerman dan Jepang.

Saat Perang Dunia II terjadi, Jepang banyak membawa senjata ini di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Saat Jepang akhirnya kalah, senjata ini diambil pejuang Indonesia untuk melawan Belanda yang datang dengan sekutunya.(pdn)

Selain senjata, ketika perang memerlukan granat untuk mengecoh musuh. Granat apa saja itu? Berikut ulasannya.

INFOKAN PADA SAHABAT: