Ternyata Ada Lima Jenis Komet Yang Dibedakan Menurut Lintasannya

Berinformasi.com, Jakarta – Komet merupakan suatu benda angkasa yang terang ditutupi oleh kabut tipis serta memiliki bentuk menyerupai ekor yang panjang. Jenis Komet ada dua.

Komet ini bergerak mengelilingi matahari. Lintasannya elips serta sangat lonjong sekali tentunya hal ini berbeda dari lintasan planet di tata surya.

Berikut ini lima jenis komet yang dibedakan menurut lintasannya.

Komet Halley

Merupakan sebuah komet yang muncul atau juga yang dapat terlihat oleh mata manusia di bumi itu sekitar 76 tahunan sekali. Komet ini sangat terkenal dibandingkan komet yang lainnya, komet halley ini sangat terang serta memiliki ekor yang panjang sehingga dapat terlihat oleh mata manusia itu tanpa dengan bantuan alat teleskop.

Komet Hyakutake

Merupakan sebuah komet yang mempunyai ekor sangat penjang di bandingkan komet lainnya, komet ini diberi nama Hayakute disebabkna krena komet ini ditemukan oleh astronom asal Jepang, yakni Yuji Hyakute. Periode orbitnya ini mencapai 15.000 tahun, tapi disebabkan karena pengaruh gaya gravitasi planet raksasa di tata surya priode orbitnya ini mencapai 72.000 tahun. Jadi untuk bisa melihat lagi komet hayakute ini diperlukan waktu itu sekitar 72.000 tahun.

Komet Encke
1.2 “/pixel, 17.3 x 28.2 arcmin N is 2° CCW from up North is 1° CCW from up RA = 18h02m25.61s Dec = -23d01m26.9s

Merupakan sebuah komet yang mempunyai periode sekitar 3,3 tahun, komet ini memiliki ekor pendek. Diberinama dengan Komet Encke berdasarkan orang yang melakukan perhitungan terhadap lintasan orbitnya, yakni Johann Franz Enncke sedangkan yang menemukannya Pierre Mechain.

Komet West

Komet ini terlihat pada tahun 1976, komet ini ialah salah satu komet yang terang pada saat melintasi tata surya bagian dalam.

Komet McNaught
Comet McNaught setting behind Mount Paranal, in January 2007.

Merupakan komet yang ditemukan tanggal 7 agustus pada tahun 2006 oleh astronom bernama H. McNaught, jadi komet ini di beri nama sesuai dengan nama penemunya. Komet McNaught mendekati jarak terdekat dengan matahari (perihelion) tanggal 12 januari tahun 2007, merupakan komet paling terang sejak 40 tahun terakhir serta dapat terlihat oleh mata dengan tanpa bantuan alat teleskop.(pdn)

Selain komet di luar angkasa ada juga asteroid. Tahukah kamu? Asteroid ternyata memiliki berbagai macam bentuk. Berikut informasinya.

Ingin merasakan sensasi gula aren segar tanpa campuran bahan lain? Serta kaya manfaat yang terkadung di dalamnya. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

INFOKAN PADA SAHABAT: