Ternyata Meteor Pertama Pernah Menewaskan Manusia

Berinformasi.com, Jakarta – Peluang manusia terbunuh oleh meteor jarang terjadi. Para peneliti mengungkapkan bahwa mereka telah menemukan studi yang mendeskripsikan ‘tabrakan fatal’.

Dilansir dari nationalgeographic.co.id, pada 22 Agustus 1888 sekitar pukul 21.30, bola api terlihat di langit sesaat sebelum hujan meteor menerjang sebuah desa di Sulaymaniyah, Irak—saat itu merupakan bagian dari Kekaisaran Ottoman.

Berdasarkan arsip yang disimpan pemerintah Turki, seorang laki-laki tewas, sementara satu lainnya mengalami lumpuh. Laporan mengenai peristiwa tersebut tampaknya telah dikonfirmasi oleh sang sultan, Abdul Hamid II.

“Fakta bahwa dokumen-dokumen ini berasal dari sumber resmi pemerintah dan ditulis oleh otoritas lokal, kami tidak memiliki kecurigaan pada bukti tersebut,” ungkap para peneliti dalam studinya.

Mereka menambahkan, itu merupakan “bukti pertama dari peristiwa meteor yang menewaskan manusia”.

Sebelumnya, cerita tentang meteor yang menghantam manusia, disebut-sebut terjadi pada Ann Elizabeth Fowler Hodges, ketika ia sedang tidur di sofa rumahnya di Alabama, AS, pada November 1954.

Hodges mengalami memar akibat peristiwa tersebut, tetapi selamat. Pecahannya sepertinya memantul sebelum mengenai kakinya.(pdn)

INFOKAN PADA SAHABAT: