Tiga Bunga Cantik Yang Sering Jadi Tanaman Di Halaman Rumah

Berinformasi.com, Jakarta – Jika melihat halaman yang kosong terkadang ada keinginan menanam bunga yang cantik. Bunga cantik yang di tanam bertujuan untuk menghias halaman rumah.

Untuk menyesuaikan dengan estetika ada bermacam bunga yang cocok dan sesuai untuk ditanam di halaman rumah. Bermacam bunga ini, memiliki nilai estetika dan fungsi masing-masing.

Berikut tiga jenis bunga yang sering jadi tanaman di halaman rumah.

Melati

Melati dijadikan simbol nasional Indonesia. Itu karena melati melambangkan kesucian. Jenis melati yang menjadi simbol adalah jenis Jasminum sambac.

Melati mempunyai sekitar 200 spesies. Bunga ini mempunyai habitat asli di daerah beriklim tropis seperti Eurasia, Australasia dan Oseania. Melati juga dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di daerah tersebut. Adat dan budaya di Indonesia kerap menyelipkan melati sebagai hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan, khususnya suku Jawa dan Sunda.

Melati menjadi bunga yang hidupnya menahun. Bunga ini dibudidayakan karena warnanya yang putih nan cantik serta harum. Semua jenis melati membutuhkan sinar matahari penuh, oleh karena itu melati bagus sekali ditanam di halaman.

Untuk menanam melati yang perlu disiapkan untuk menanam melati di pekarangan bunga adalah tanah yang gembur dan pupuk kompos. Batang bunga dipotong lalu ditanam secara langsung pada bidang tanah sekitarnya yang juga sudah diberi pupuk kompos. Melati bisa juga dengan ditanamkan dalam pot.

Bunga melati bermanfaat untuk bunga tabur, bahan industri minyak wangi, kosmetika, parfum, farmasi, penghias rangkaian bunga. Melati bisa juga menjadi bahan campuran atau pengharum teh, seperti teh melati yang populer di Indonesia.

Bunga Sepatu

Bunga sepatu berasal dari Asia Timur. Bunga sepatu sejak dahulu banyak dijadikan sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga seoatu mempunyai kelopak bunga yang besar, berwarna dan tidak berbau. Tinggi bunga sepatu bisa mencapai sekitar 2 sampai 5 meter.

Bentuk daunnya bulat telur dengan ujung daun yang meruncing. Bunga sepatu dapat tumbuh sepanjang tahun di daerah tropis atau dalam rumah kaca. Di daerah subtropis berbunga mulai dari musim panas hingga musim gugur.

Penduduk daerah Sumatera dan Malaysia menyebut kembang sepatu sebagai bunga raya. Di suku Jawa mengenalnya dengan istilah berbeda yakni kembang worawari. Di India bunga ini digunakan untuk menyemir sepatu dan juga bunga persembahan. Di Tiongkok digunakan sebagai bahan pewarna makanan.

Di Indonesia selain menjadi tanaman hias, daun dan bunga kembang sepatu digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional dengan cara dikeringkan, lalu diminum sebagai teh.

Bugenvil

Bugenvil adalah satu dari macam macam bunga hias populer dengan bentuk serupa pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Melihat dari rupa tumbuhannya yang berwarna-warni.  Bugenvil seolah menjadi tanaman hias yang sangat populer karena kecantikkan warna dan cara merawatnya yang mudah.

Bunga ini berasal dari Amerika Selatan, bugenvil sering ditanam di taman dan kawasan perumahan. Tanaman yang satu ini kerap disebut bunga kertas karena bentuk seludang bunganya yang tipis dan mempunyai ciri-ciri seperti kertas.

Hiasan rambut, campuran bunga untuk upacara siraman, serta upacara pemakaman bagi bangsa China dan India. Warna bugenvil begitu variatif mulai dari jingga, merah menyala, merah jambu, merah pucat, kuning, ungu, putih, dan berbagai campuran warna.(pdn)

Selain bunga, beberapa tanaman ini pun bagus bila ditanam di halaman rumah. Mau tahu apa saja? Berikut ulasannya.

INFOKAN PADA SAHABAT: