Tiga Hewan Laut Berduri Ini Mempunyai Bentuk Lucu Tapi Berbahaya

Berinformasi.com, Jakarta – Beberapa orang memilih untuk berlibur ke pantai harus tetap waspada jika sedang bermain air di laut. Karena ada hewan laut berduri yang harus kita hindari.

Hewan laut berduri ini memang terlihat lucu dan menarik, sayangnya bisa membahayakan kita karena mengandung racun yang tersimpan di duri-durinya. Yuk, cari tahu hewan laut berduri apa saja yang harus kita hindari!

Landak Laut

Bulu babi sering juga dijuluki sebagai landak laut. Banyak orang yang mengenal landak laut dengan sebutan bulu babi. Dalam bahasa Inggris hewan ini disebut sea urchin.

Saat melihatnya mungkin kita merasa gemas karena landak laut memiliki bentuk bulat seperti bola lengkap dengan durinya.

Namun, kita harus berhati-hati karena apabila tersentuk duri-duri landak laut akan tertancap dan mengeluarkan racun, teman-teman. Racun dari duri landak laut ini biasanya menyebabkan bagian tubuh kita sakit dan nyeri.

Hewan laut ini sering terbawa arus ke pinggir pantai, jadi jangan sampai memegang atau menginjaknya, ya!

Bintang Laut Berduri

Hewan laut berduri satu ini bisa kita temukan menempel pada karang yang ada di dalam laut. Jika teman-teman melihatnya, selalu ingat untuk tidak menyentuhnya, ya!

Dilansir dari bobo.go.id, hewan laut dengan nama latin Acanthaster planci ini, memiliki racun di bagian tubuhnya yang berduri.

Racunnya bisa membuat tubuh kita sakit, bengkak, dan menyebabkan penurunan daya tubuh. Selain bisa membahayakan manusia seperti kita, Crown of Thorns Starfish ini juga membahayakan terumbu karang, lo. Bintang laut berduri ini ternyata merupakan predator yang memakan terumbu karang.

Ikan Buntal

Siapa yang masih ingat karakter Nyonya Puff di film kartun SpongeBob SquarePants?

Nah, Nyonya Puff merupakan jenis ikan buntal, teman-teman. Jika teman-teman perhatikan, jika Nyonya Puff marah, tubuhnya akan menggembung dan duri-durinya keluar. Sama seperti Nyonya Puff, ikan buntal di dunia nyata juga seperti itu, lo!

Saat ia merasa terancam, ia akan menggembungkan tubuh dan mengeluarkan duri. Bukan hanya tajam, duri-duri ikan buntal juga beracun yang bisa menyebabkan kita sesak nafas. Parahnya, duri ikan buntal juga bisa bisa menyebabkan seseorang meninggal dunia. Hal ini karena ikan buntal memiliki racun bernama tetrodotoxin (TTX) yang lebih kuat daripada Sianida.(pdn)

INFOKAN PADA SAHABAT:

3 tanggapan untuk “Tiga Hewan Laut Berduri Ini Mempunyai Bentuk Lucu Tapi Berbahaya

Komentar ditutup.