Tiga Jenis Kunyit Yang Perlu Diketahui Beserta Manfaatnya

Berinformasi.com, Jakarta – Semua orang pasti sudah tahu tanaman kunyit. Namun masih jarang yang tahu jenis kunyit yang ada serta manfaatnya secara keseluruhan.

Sejak dahulu, Indonesia memang dikenal dengan keragaman tanaman-tanamannya. Mulai dari tanaman pangan, tanaman obat-obatan, dan rempah-rempah. Dari sekian banyak jenis tanaman tersebut, terdapat sebuah golongan rimpang seperti jahe, kunyit, temulawak, dan semacamnya yang sangat terkenal dari Indonesia.

Kunyit atau kunir merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan di rumah. Orang kerap menggunakannya entah itu untuk alasan kesehatan, kecantikan, atau dijadikan sebagai bumbu masakan.

Di indonesia ada tiga jenis kunyit. Berikut penjelasannya.

Kunyit Putih

Nama latinnya adalah Curcuma zedoaria. Kunyit putih termasuk sebagai tanaman obat yang paling sering dijumpai dan ditanam di rumah.

Sementara kebanyakan masyarakat Jawa mengenalnya dengan nama Temu Putih.

Manfaatnya kebanyakan berkaitan dengan masalah pencernaan seperti disentri dan perut mulas.

Namun menurut penelitian yang diadakan di China, kunyit putih dapat membantu dalam pengobatan kanker serviks dan meredakan nyeri haid.

Kunyit Merah

Tampilannya dapat menipu karena hampir mirip dengan kunyit kuning, namun apabila diteliti lebih jauh, kedua jenis ini cukup berbeda. Kunyit merah memiliki warna jingga yang lebih pekat sementara temu putih lebih pucat.

Manfaat kunyit merah lebih sering digunakan di dapur, walaupun khasiatnya juga dapat kita pakai untuk mengobati penyakit ringan seperti kembung dan mual-mual.

Kunyit Hitam

Kunyit hitam mungkin merupakan jenis yang paling sulit ditemukan di Indonesia. Budidayanya termasuk langka, dan apabila dapat dijumpai, harga jualnya cukup mahal. Salah satu manfaat kunyit hitam adalah untuk mengobati penyakit kista dan memperlambat kerutan pada wajah.

INFOKAN PADA SAHABAT: