Tiga Makanan Dari Nusa Tenggara Timur Yang Jadi Favorit

Berinformasi.com, NTT – Nusa Tenggara Timur beribukota Kupang. Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai 22 Kabupaten/Kota.

NTT adalah provinsi yang sebagian besarnya adalah kepulauan. Pulau itu meliputi pulau Sumba, pulau Timor bagian barat dan pulau Flores.

Semakin banyak pulau yang ada di suatu daearh, maka semakin banyak pula ragam kuliner yang tersebar di daerah tersebut. Begitu pula di NTT. Berikut tiga makanan dari Nusa Tenggara Timur yang jadi favorit

Kolo (Nasi Bambu)

Kolo atau nasi bambu merupakan makanan yang dimasak dengan bambu. Saat membuat kolo ini diperlukan setidaknya bambu dengan ukuran 30 cm, bumbu masakan dan paling utama adalah beras.

Untuk membuat Kolo masukan beras, bumbu dan air ke dalam bambu. Setelah itu pada ujung bambu ditutup menggunakan daun pisang dan dibakar hingga matang dengan waktu setengah jam.

Makanan ini biasanya dihidangkan saat syukuran panen dan juga menjadi menu utama saat acara pergantian tahun.

Jagung Catemak

Salah satu makanan khas dari Nusa Tenggara Timur adalah jagung catemak. Makanan ini adalah olahan makanan yang berbahan dasar biji jagung yang dipadukan dengan kacang tanah, sayur-sayuran dan juga kacang hijau. Jagung catemak memiliki rasa yang gurih bercampur asin serta khasiat yang luar biasa untuk  kesehatan.

Makanan ini di dalamnya tekandung Vitamin B kompleks yang berfungsi menjaga kesehatan saraf. Selain itu makanan ini memiliki manfaat lain seperti menjaga kulit agar tetap kencang, menambah darah dan juga memperlancar pencernaan.

Jagung Bose

Jagung adalah salah satu makanan pokok di provinsi ini. Jagung di daerah Kupang dijadikan sebagai salah satu bahan dasar pembuatan makanan. Jagung bose atau disebut juga bubur jagung sangatlah digemari masyarakat Kupang karena rasanya yang gurih. Masakan ini bisa mengenyangkan mengenyangkan seperti halnya nasi.

Bahan dasar pembuatan makanan ini sangatlah mudah untuk didapat, diantaranya kacang merah, santan, labu manis dan paling utama adalah jagung.

Jagung bose ini sangatlah pas dinikmati bersama ikan bakar, tumis pepaya dan lauk pauk lainnya. Jagung bose ini dapat dijadikan sebagai pengganti nasi serta makanan pokok khusunya di Nusa Tenggara Timur.(pdn)

Banten pun memiliki makanan khas yang digemari oleh wisatawan yang datang. Mau tahu apa saja? Berikut ulasannya.

INFOKAN PADA SAHABAT: