Tiga Makanan Khas Sipirok Yang Paling Dicari Wisatawan

Berinformasi.com, Sipirok – Indonesia memiliki banyak macam kuliner yang tersebar di segala daerah. Salah satunya adalah makanan khas Sipirok Tapanuli Selatan.

Kota Sipirok adalah salah satu kecamatan sekaligus pusat pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan. Di Kota Sipirok ini hawanya sangat sejuk karena berada di lembah gunung Sibualbuali (Pegunungan Bukit Barisan). Maka tidak heran banyak sumber air panas (aek milas/ pemandian yang mengandung belerang) yang terletak di beberapa lokasi. Seperti Aek milas parandolok, Sosopan, Parau sorat Parau Sorat, Sipirok, Tapanuli Selatan, situmba dll.

Berikut tiga makanan khas Sipirok yang paling dicari wisatawan.

Ikan Bakar Sinyarnyar

Ikan bakar sinyarnyar berbeda dengan ikan bakar lain yang banyak dijual orang. Karena cara penyajiannya yang unik. Pada ikan bakar ini ada tambahan bumbu sinyarnyar atau yang disebut kamuliman.

Salah satu jenis makanan khas dari Sipirok itu terlihat berminyak dengan bintik-bintik hitam sinyarnyar. Ikan mas digunakan sebagai bahan baku utamanya. Selain itu di santap dengan sambal yang khas membuat orang betah untuk menyantap menu ini.

Gulai Ikan Salai

Gulai ikan salai merupakan makanan khas Tapanuli Selatan Dalam bahasa Mandailing, ikan salai berarti ikan yang dikeringkan menggunakan asap. Masyarakat di Indonesia yang hidup dan menetap di pesisir-pesisir pantai sejak dahulu sudah lebih familier dengan metode pengawetan ikan dengan pemanfaatan sinar matahari (pengeringan) dan garam (pengasinan).

Bagi orang Tapanuli Selatan teknik mengawetkan ikan itu kemudian dikenal dengan disalai. Jenis ikan yang disalai atau diasapi biasanya ialah jenis ikan yang hidup di air tawar hasil tangkapan dari sungai maupun danau air tawar. Mereka menyebutnya dengan ikan sale atau gulaen nadi sale.

Hampir semua jenis ikan air tawar dari sungai dan danau di Mandailing bisa disalai. Tak hanya menjadi awet, ikan yang disalai juga jadi makin nikmat. Bau anyirnya juga hilang. Dari segala jenis ikan salai, jenis yang paling terkenal dan mahal ialah gulaen mera nadi sale (ikan jurung salai). Saking nikmatnya, ikan jurung salai amat digemari para raja dan hanya disuguhkan pada acara adat Tapanuli Selatan.

Sup Sipirok / Sup Sumsum Kerbau

Salah satu Makanan Khas Sipirok Tapanuli Selatan berupa sup adalah Sup Sumsum Kerbau. Mungkin  banyak tidak tahu bagaimana rasa  dari sup sumsum kerbau itu. Bagi orang yang sudah pernah mencoba dan juga memakan sup sumsum kerbau ini sangat gurih dan juga enak. Rasa dari daging kerbau itu tidak kalah enak dengan rasa sup daging sapi yang sering kita makan.

Sup Sipirok disajikan dengan kuah bening yang gurih wangi. Dimasak dengan api kecil dalam durasi waktu yang lama menghasilkan rasa dan tekstur daging yang empuk. Makin enak dinikmati bersama dengan nasi putih dan juga beberapa menu lainnya seperti teri tawar goreng, gulai ikan sale hingga udang kecepe sambal pati.(pdn)

Nusa Tenggara Timur pun mempunyai makanan khas yang dimiliki. Mau tahu apa saja? Berikut informasinya.

INFOKAN PADA SAHABAT: