Tiga Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Bisa Jadi Pengganti Nasi

Berinformasi.com, Jakarta – Karbohidrat diperlukan untuk menambah energi melaksanakan kegiatan sehari-hari. Sehingga perlu dikonsumsi secara rutin untuk menambah energi bagi tubuh.

Nasi mempunyai pengaruh buruk bagi kesehatan. Karena dapat menyebabkan diabetes dan obesitas. Sebaiknya mengganti dengan makanan lain yang fungsinya sama dengan nasi.

Bagi yang sedang diet, lebih baik mengurangi memakan nasi agar asupan gula ke dalam tubuh berkurang. Banyak bahan makanan yang mempunyai sumber karbohidrat, sehingga bisa dijadikan pengganti nasi.

Ada beberapa jenis makanan mengandung karbohidrat pengganti nasi yang dapat dikonsumsi secara rutin. Berikut rangkumannya.

Kentang

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat pengganti nasi. Kandungan karbohidrat pada kentang sangat tinggi.Oleh karena itu, kentang juga dapat dijadikan sebagai bahan pokok pengganti nasi.

Makanan ini sudah sering dikonsumsi banyak orang. Bagi yang sedang diet, kentang dapat dijadikan alternatif pengganti nasi. Di dalam kentang juga terkandung pati resisten, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Kentang dapat diolah dengan berbagai cara. Termasuk direbus, dipanggang, dan dikukus. Namun, menggoreng kentang dapat meningkatkan kalorinya jika kamu menggunakan banyak minyak.

Sebuah kentang mengandung antioksidan yang dapat mengontrol gula darah, meningkatkan kesehatan pencernaan dan bebas gluten. Beberapa bukti menunjukkan bahwa protein kentang tertentu, yang dikenal sebagai kentang proteinase inhibitor 2 (PI2), dapat mengekang nafsu makan.

Jagung

Di berbagai wilayah di Indonesia banyak yang mengolah jagung menjadi nasi. Nasi jagung dirasa dapat mengenyangkan perut.

Nutrisi dalam jagung dapat menyehatkan tubuh. Beberapa di antaranya adalah vitamin C, vitamin A, dan antioksidan. Usahakan untuk selalu mengonsumsi jagung yang masih dalam keadaan segar, atau tidak mengonsumsi jagung yang berada di dalam kemasan kaleng atau beku.

Bentuk ini juga yang membuat biji jagung  dianggap unik dan berbeda dari tanaman lainnya. Umumnya tanaman jagung memiliki banyak manfaat mulai dari batang, daun, hingga biji jagung itu sendiri.

Selain memiliki bentuk yang unik, jagung juga sangat mudah dibudidayakan. Dalam membudidayakan jagung setiap masa pertumbuhan biji mempunyai fungsinya masing-masing untuk dikonsumsi, misal dimanfaatkan untuk campuran sayur rebus. Selain itu juga bisa dibuat bakwan jagung dan dikonsumsi dengan cara direbus biasa.

Ubi

Ubi sering dijadikan makanan pengganti nasi. Ubi lebih menyehatkan dan dapat dikonsumsi secara rutin.

Jagung biasanya disajikan dalam bentuk kukus. Bisa juga disajikan dengan cara dipanggang atau direbus. Selain itu di beberapa daerah di Indonesia, ubi juga dicampurkan ke dalam masakan lain.

Di dalam sebuah kentang mengandung beta keroten yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Selain itu kandungan kalium di dalam ubi dapat dijadikan nutrisi penguat tulang. Ubi juga mengandung banyak serat.

Sebuah ubi beserta kulitnya mengandung sekitar 3,8 gram serat. Serat adalah karbohidrat yang dapat mengurangi kadar hormon kelaparan dan meningkatkan produksi hormon yang membuat kita merasa kenyang. Serat juga membantu memperlambat pencernaan, meningkatkan kontrol gula darah, dan membuat kita mengunyah makanan lebih lama dan lebih lambat.(pdn)

Bahan pengganti nasi ini baik untuk anda yang sedang diet. Lebih baik lagi kita perlu tahu juga bahan makanan yang bagus untuk diet. Berikut informasinya.

INFOKAN PADA SAHABAT: