Tiga Masakan Kalimantan Timur Paling Dicari Oleh Wisatawan

Berinformasi.com, Kalimantan Timur – Sebagian besar masakan khas dari daerah Kalimantan Timur berasal dari perpaduan antara kebudayaan suku Kutai serta Dayak dengan kebudayaan suku pendatang.

Nah kini saatnya bagi anda yang sedang berkunjung ke Kalimantan Timur untuk mencoba nikmatnya beberapa kuliner khas Kalimantan Timur. Berikut tiga makanan Kalimantan Timur paling dicari oleh wisatawan.

Sayur Ayam Kutai

Sayur ayam Kutai merupakan salah satu jenis sayur yang khas berasal dari Indonesia. Untuk jenisnya juga bermacam-macam misalnya sayur asam kangkung, sayur asam ikan asing serta sayur asam khas Betawi. Namun sayur asam yang berasal dari Kutai, Kalimantan Timur ini cukup unik karena menggunakan bahan utama berupa ikan gabus.

Menu pelengkapnya diantaranya potongan talas, kangkung serta jantung pisang batu. Dengan demikian maka kepala ikan gabusnya dibelah menjadi dua kemudian dilumuri dengan menggunakan garam serta air jeruk nipis. Jika sudah langsung bisa dimasukkan dalam kuah berbumbu bersama dengan asam suntil dan beberapa bahan lainnya.

Gangan Manok

Melihat tampilannya maka langsung bisa ditebak kalau makanan satu ini merupakan sejenis bakro namun yang membuat berbeda yaitu pengolahannya menggunakan daging ayam. Jika sudah digiling maka daging ayam kemudian dicampurkan dengan semua bahannya serta dibentuk menjadi bulatan-bulatan dan masukkan dalam kaldu serta tunggu sampai matang.

Saat dinikmati maka akan menghasilkan rasa gurih dari daging ayam tersebut. Selain itu teksturnya yang lembut dari daging sapi menjadikannya mudah untuk dikunyah. Kahadiran kuah kentalnya serta rasa kaldu yang kuat akan membuat makanan satu ini semakin lengkap.

Pepes Kepiting

Kebanyakan masakan pepes terbuat dari daging ayam atau daging ikan. Namun berbeda dengan pepes yang ada di Kalimantan ini karena menggunakan bahan utama berupa kepiting. Kepiting soka merupakan kepiting yang banyak digunakan untuk membuat pepes. Untuk menghadirkan rasa yang sedap, bahan utama dibumbui cabai rawit, cabai merah, serai, kemangi dan beraneka rempah lainnya sebelum dibungkus dengan daun pisang.

Sesudah itu, pepes kepiting dikukus hingga matang dan untuk menciptakan aroma yang mengundang selera, makanan itu dibakar di atas bara api. Meskipun menggunakan beragam rempah, tapi saat masuk ke mulut yang dominan adalah rasa pedasnya.(pdn)

INFOKAN PADA SAHABAT: