Tiga Rancangan Robot Yang Bisa Dipakai Dalam Bidang Pertanian

Berinformasi.com, Jakarta – Teknologi robot pasti dibutuhkan dalam perkembangan pertanian masa depan. Teknologi tersebut diperlukan untuk membantu petani mengolah ladang.

Menurut Mark Siemens, ahli pertanian mekanik dari Universitas Arizona, ada lima rancangan robot yang menarik untuk dikaji. Dimana robot-robot tersebut dirancang untuk melakukan banyak pekerjaan khusus. Mulai dari memindai lahan hingga membersihkan gulma, baik secara kimiawi atau mekanis.

Berikut tiga rancangan robot yang akan digunakan dalam pertanian masa depan.

Vision Robotics

Vision Robotics ini dirancang untuk perkebunan selada. Robot ini rencananya akan dipakai di daerah California. Karena selada merupakan tanaman yang paling banyak ditanam oleh petani di California.

Konsekuensi dalam menanam selada adalah germinasi atau pertunasan biji yang bisa membuat lahan terlalu sesak dan tanaman sakit. Vision Robotics memiliki sensor yang canggih untuk mencari daun selada yang rusak. Kemudian menyemprotkan cairan agar daun selada yang rusak hilang.

Teknologi ini mengurangi tenaga kerja dan waktu yang dibutuhkan dari 15 orang selama seharian menjadi satu atau dua orang saja dalam waktu beberapa jam.

RIPPA

RIPPA merupakan robot yang dirancang ilmuwan dari Universitas Sydney di Australia. Robot RIPPA memiliki teknologi deteksi yang canggih. Robot ini bisa bekerja di beberapa tipe lahan seperti tanaman, kebun buah-buahan, dan biji-bijian.

Fungsi RIPPA adalah mendeteksi gulma dan menghilangkan tanaman pengganggu. Serta menyemprotkan cairan pestisida untuk mencegah hama tanaman. Ini bisa menghemat waktu dan tenaga dari petani sendiri.

Naio Technologies

Naio Technologies memiliki beberapa jenis produk robot. Beberapa tipe sudah laku dipsaran. Robot yang paling kecil dari  Naio Technologies Oz.

Yang berukuran besar adalah  robot Dino. Oz cocok bekerja di lahan kecil seperti di rumah kaca. Sedangkan robot Dino cocok di lahan pertanian yang lebih besar.

Semua robot tanpa awak dan berfungsi membersihkan lahan dari tanaman penganggu. Metode yang digunakan adalah metode mekanis layaknya pengolahan tanah.(pdn)

Robot-robot canggih sangat bermanfaat dalam membantu pekerjaan sehari-hari. Mau tahu robot apa saja? Simak informasi berikut ini.

INFOKAN PADA SAHABAT: