Tiga Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Bisa Ditanam Di Rumah

Berinformasi.com, Jakarta – Tanaman pengusir nyamuk seharusnya sudah lebih dari cukup untuk mengusir nyamuk dari rumah. Sayangnya, banyak yang belum tahu hal ini.

Kebanyakan orang lebih memilih cara instan dibandingkan tekun memanfaatkan berbagai tanaman hias untuk membasmi nyamuk. Kebanyakan orang pun memilih obat-obatan pengusir nyamuk beraneka bentuk yang berbahaya karena mengandung banyak zat kimia.

Padahal penggunaan tanaman hias indoor ataupun outdoor untuk mengusir nyamuk pun sudah lebih dari cukup. Berikut kelima tanaman tersebut.

Lavender

Lavender telah lama dikenal khasiatnya sebagai tanaman anti nyamuk paling ampuh di seluruh dunia. Aroma bunganya yang harum sangat disukai manusia namun begitu dibenci oleh nyamuk karena adanya zat linalool dan lynalyl asetat.

Itulah kenapa banyak obat anti nyamuk yang menjadikan lavender sebagai salah satu campuran atau aroma dari obat tersebut. Lavender bisa ditempatkan di dalam pot ataupun langsung di tanah di depan kamar agar nyamuk tak masuk ke dalam.

Geranium

Tanaman pengusir nyamuk geranium sebetulnya memiliki banyak varian yang berfungsi sama sebagai pengusir nyamuk alami. Geranium yang juga dikenal dengan nama tapak dara ini mengandung zat geraniol dan sitronelol yang aromanya sangat tak disukai nyamuk.

Geranium bisa dijadikan sebagai tanaman hias outdoor maupun tanaman hias indoor. Manfaat lainnya, aroma bunga geranium pun ternyata bisa jadi obat relaksasi dan obat stres alami!

Serai Wangi

Selain terkenal sebagai penyedap rasa makanan dan minuman, serai juga ternyata bisa jadi pengusir nyamuk alami. Aroma tanaman anti nyamuk outdoor ini sangat tak disukai nyamuk sehingga sering dijadikan bahan pembuat losion antinyamuk.

Serai wangi bisa digunakan sebagai tanaman hias outdoor ataupun memanfaatkan minyak serainya untuk dioleskan ke badan.(pdn)

Pekarangan selain diisi dengan tanaman pengusir nyamuk juga akan bagus ditanami tanaman merambat yang bisa mempercantik rumah. Tanaman apa saja itu? Berikut ulasanya.

INFOKAN PADA SAHABAT: