Yonif Mekanis Raider 413 Datangkan Tiga Tank Transporter Scania

Berinformasi.com, Jawa Tengah – Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Kabupaten Sukoharjo sejak beberapa tahun terakhir dilengkapi tank M113. Tank mempunyai pelindung lapisan baja.

Dalam mobilitasnya tank memerlukan tank transporter atau truk berat khusus pengangkut tank yang harus lebih besar dan lebih kuat. Untuk melengkapi tank yang sudah ada Yonif Mekanis mendatangkan tiga tank transporter merk Scania, Jumat (12/6/2020).

Dilansir dari angkasa.news, tiga tank transporter tersebut berfungsi untuk pendistribusian ranpur M113 ke daerah latihan maupun daerah penugasan. Transporter asal Swedia tersebut dikirim dari Direktorat Peralatan Angkatan Darat.

Dengan adanya tiga transporter tanggung jawab seluruh prajurit pun bertambah. Professionalisme dan berbuat semaksimal mungkin diperlukan guna kepentingan pertahanan dan keamanan bangsa.

Sejarah Tank

Prototip tank pertama kali diuji oleh militer Inggris pada 6 September 1915. Pada awalnya kendaraan ini diberi nama kapal darat. Tetapi untuk menjaga rahasia tank versi awal disebut sebagai pengangkut air.

Pada 1914, Kolonel Ernest Swinton dari Ketentaraan Inggris dan Sekretaris Komite Pertahanan William Hankey mempunyai ide pembangunan kendaraan lapis baja. Mereka menginginkan sebuah kendaraan lapis baja yang mampu melewati segala macam medan sulit. Kendaraan berat dibutuhkan untuk menerobos wilayah musuh dan mampu membantu pasukan Infanteri dalam pertempuran. Segala bentuk ide, gagasan dan konsep ini akhirnya diutarakan ke Menteri Angkatan Laut Inggris, Winston Churchill, yang akhirnya menerima ide ini.

Proyek ini diprakarsai oleh Komite Landships yang saat itu mampu mencerna konsep gagasan dari Ernest Swinton dan William Hankey. Komite Landships didirikan pada Februari 1915 yang dipimpin oleh Winston Churchill dan terdiri dari berbagai politisi, insinyur dan petugas.

Karena proyek pembangunan kendaraan bersifat rahasia, para pekerja yang bertanggung jawab untuk membuat kendaraan ini lalu diberitahu akan membuat kendaraan untuk membawa air ke medan perang. Hal ini bertujuan agar misi tidak bocor ke musuh. Kendaraan yang memiliki bentuk mirip tangki air, oleh karena itu kendaraan ini dinamai tank.

Komite Landships kemudian menyelesaikan proyek awal ini pada September 1915 dan menamai prototipe tank tersebut dengan nama Little Willie. Namun hasil kinerja tersebut dapat dibilang mengecewakan, karena alat tempur itu bergerak lambat dan tak bisa menyeberang parit. Atas dasar inilah kemudian dikembangkan proyek ke dua.(pdn)

INFOKAN PADA SAHABAT: